Obasanjo mengatakan Yaradua menuntut Ribadu karena seorang wanita, mengungkapkan mengapa Kingibe melawan El-Rufai

Pencopotan mantan Komisi Kejahatan Ekonomi dan Keuangan, bos EFCC, Nuhu Ribadu dari jabatannya dan tuntutan yang mengikutinya terkait dengan penolakannya untuk menikahi salah satu putri mendiang Presiden Umaru Yaradua dan “seret” seorang wanita. dengan orang yang dianggap paling berkuasa di pemerintahan Yaradua, Taminu Yakubu Kurfi oleh mantan. Presiden Olusegun Obasanjo telah membuat tautan dalam buku barunya yang kontroversial, My Watch.

Mantan presiden itu juga mengungkapkan dalam buku itu bahwa pertarungan antara mantan menteri FCT, Nasir El rufai dan mantan sekretaris pemerintah federasi, Alhaji Babagana Kingibe, adalah tentang salah satu istri mantan juru tulis di FG.

Di puncak penderitaan Ribadu di tangan pemerintahan Yar’adua, dia dicopot sebagai Ketua EFCC, diturunkan pangkatnya menjadi Wakil Komisaris Polisi dari Asisten Inspektur Jenderal dan akhirnya dipecat.

Namun, Ribadu awalnya diyakini telah diburu oleh pemerintah karena desakannya yang keras kepala untuk melanjutkan penuntutan James Ibori, mantan gubernur Negara Bagian Delta dan sekutu dekat Yar’Adua.

Meski OBJ tidak menampik kaitan tersebut, namun dia mengatakan penolakan Ribadu untuk menikahi putri Yar’Adua bisa jadi berkontribusi pada kemandulannya.

Menulis mengapa Ribadu berselisih dengan Taminu Yakubu Kurfi, Obasanjo menulis bahwa Kurfi mengincar seorang wanita yang konon lebih tertarik dengan mantan ketua EFCC itu.

“Misalnya, terungkap bahwa alasan utama Tanimu ingin melawan Nuhu hingga terhenti adalah klaim bahwa wanita yang ingin dinikahinya lebih tertarik pada Nuhu! Saya mengerti bahwa Tanimu akhirnya menikahi wanita itu dan saya bertanya-tanya apakah itu akan menjadi akhir dari perang gesekan melawan Nuhu.

“Pada waktu yang hampir bersamaan Umaru mendorong Nuhu untuk menikahi salah satu putrinya, sebuah gagasan yang ditolak Nuhu. Mungkinkah ini sebagian bertanggung jawab atas kemarahan Umaru?

Tentang hubungan El rufai-Kingibe, Obasanjo mengklaim Babagana Kingibe berselisih secara pribadi dengan Nasir el-Rufai karena perselingkuhan salah satu istri Kingibe.

OBJ menulis: “Kasus Kingibe seperti yang terungkap sangat mirip dengan kasus Tanimu karena seorang wanita juga menjadi pusatnya. Nasir el-Rufai dituduh dengan sengaja menjamu pacar salah satu istri Kingibe di wisma tamunya, tempat wanita ini dan pacarnya akan bertemu.

“Jika Nasir memilih untuk menyediakan rumahnya bagi temannya karena keramahtamahan, orang bertanya-tanya apakah dia juga dapat menentukan tamu mana, laki-laki atau perempuan, yang akan diterima temannya. Lain halnya jika Nasir sendiri yang dituduh berkencan dengan istri Kingibe!”


Pengeluaran Sidney

By gacor88