Nigeria korup karena tidak ada yang terjadi pada pemimpin seperti Obasanjo – Clark

Edwin Clark

Mantan Komisaris Federal untuk Informasi, Edwin Clark, sekali lagi bereaksi terhadap kepercayaan di beberapa kalangan bahwa Presiden Goodluck Jonathan tidak berbuat cukup untuk menangani sekte kekerasan Boko Haram.

Menurutnya, pemberontakan merupakan masalah nasional yang tersebar di seluruh dunia.

Dia mengatakan warga harus menghentikan permainan menyalahkan dan bergandengan tangan dengan pemerintah federal untuk memenuhi tantangan tersebut.

“Ini bukan masalah presiden saja. Ini bukan hanya masalah Timur Laut, bukan hanya masalah partai yang berkuasa; Ini bukan masalah partai oposisi. Itu masalah semua orang, ”kata Clark kepada Daily Independent.

“Kita harus mengesampingkan perbedaan kita dan melawan musuh bersama yang mencoba menyerang negara kita. Para prajurit saja tidak bisa melakukannya. Tentara saja tidak bisa melakukan ini. Butuh kerjasama semua pihak.

“Saya juga percaya bahwa korban pemberontakan harus diperhatikan. NEMA harus mengeluarkan bahan bantuan yang cukup. Badan-badan keagamaan besar seperti Asosiasi Kristen Nigeria, CAN dan Dewan Tertinggi Urusan Islam Nigeria, NSCIA harus bergandengan tangan untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang terlantar akibat pemberontakan.”

Ditanya apakah presiden telah berbuat cukup bagi warga Nigeria untuk memilihnya untuk masa jabatan kedua, pemimpin Ijaw itu menjawab dengan tegas.

“Ya benar. Dan kalau partainya, PDP, dan berbagai organ partai dengan suara bulat memutuskan untuk menjadikannya satu-satunya kandidat, partainya adalah partai besar. Artinya mereka puas sudah cukup. Saya kira, tanpa menjadi tidak sopan, dia telah melakukan lebih dari banyak penguasa lain di negeri ini.”

Mengingat mantan presiden, Olusegun Obasanjo, menilai petahana belum berbuat banyak, Clark mengatakan: “Obasanjo hanya membuat keributan. Saya pikir dia berperilaku seperti anak manja. Dia menjabat selama 8 tahun; pertama kali, dia menjabat selama 2 tahun, apa yang dia lakukan untuk rakyat Nigeria?”

“Kereta api yang dia tinggalkan selama 8 tahun dia berkuasa dihidupkan kembali oleh Jonathan. Hari ini Anda dapat berkendara dari stasiun Ido di Lagos ke Kano, dan yang di Timur akan segera beroperasi. Saat ini, jalur kereta api modern sedang dibangun dari Abuja ke Kaduna.

“Kita memiliki begitu banyak bandara yang telah direnovasi. Apa yang dilakukan Obasanjo pada waktunya sendiri? Dia menjual Nigeria Airways, meninggalkan semua bandara dalam posisi bobrok. Seorang pria yang berasal dari Barat, jalan raya dari Lagos ke Ibadan, dia tinggalkan, biarkan membusuk. Presiden Jonathan memberikannya kepada kontraktor tepercaya. Jalan dari Shagamu ke Benin sudah selesai. Hari ini Anda dapat berkendara dari Ore ke Kota Benin dalam waktu sekitar 1 jam.

“Bahkan jalan dari Lagos ke Ota yang melewati tempatnya tidak bisa digunakan. Apa yang dia lakukan yang tidak dilakukan oleh Jonathan? Dia meninggalkan negara ini dengan sekitar 2.500 megawatt, hari ini meskipun orang mengeluh, itu meningkat menjadi sekitar 4.500 megawatt. Obasanjo tidak akan memberikan kredit kepada siapa pun. Ceritakan apa yang dia lakukan untuk Nigeria selama 8 tahun menjabat selain menghancurkan negara. Hari ini negara ini penuh dengan korupsi yang dia mulai. Obasanjo-lah yang melegalkan korupsi di negeri ini”.

Menekankan maksudnya, Clark mengenang skandal suap ‘Ghana harus pergi’ ketika Obasanjo diduga mencoba menyuap anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Lebih lanjut, dia berkata: “Nomor dua, dia ingin perpanjangan masa jabatan ketiga, jadi dia membayar N50 juta kepada beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat sehingga mereka menyetujui ambisinya untuk masa jabatan ketiga. Dia telah menjual sebagian besar properti negara milik negara dengan harga giveaway kepada perusahaan, beberapa di antaranya dia miliki sahamnya.

“Obasanjo adalah penguasa paling korup di negeri ini. Kita bisa melihat apa yang dia lakukan dengan Atiku atas Dana Pengembangan Perminyakan, di mana Atiku menuduhnya membeli mobil untuk pacarnya dengan uang dari PTDF. Jadi apa yang Obasanjo bicarakan? Dia adalah pemimpin paling korup di Nigeria; dia seharusnya tidak berjalan-jalan. Sebenarnya dia harus diadili. Dia harus ditangkap dan diadili di negara ini, dan korupsi akan berkurang.”

Negarawan itu menambahkan bahwa orang sekarang memiliki impunitas untuk menerima suap karena tidak ada orang koruptor terkenal di penjara.

Dia lebih lanjut meramalkan bahwa “Jika Obasanjo diadili karena korupsi, korupsi akan berkurang. Orang akan takut. Orang memeluk korupsi karena tidak ada yang terjadi pada pemimpin yang korup seperti Obasanjo”.


SGP hari Ini

By gacor88