Berita dari Rusia: Apa yang Anda lewatkan selama akhir pekan

Catatan suram

Rusia melaporkan sebaliknya pada hari Sabtu rekor tinggi jumlah kasus dan kematian virus corona baru. Pejabat telah melaporkan 37.678 kasus baru virus corona dan 1.075 kematian akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Rekor kembar datang sebagai negara yang paling terpukul di Eropa, dengan tingkat vaksinasi yang sangat rendah terjebak pada pembatasan nasional minggu ini, dengan layanan non-esensial ditutup antara 28 Oktober dan 7 November.

Utang dagang

Orang Rusia yang ingin mengajukan visa imigran ke Amerika Serikat sekarang harus melakukan perjalanan ke Kedutaan Besar AS di Warsawa, Departemen Luar Negeri mengonfirmasi Minggu, sementara pembatasan yang diberlakukan oleh Moskow harus disalahkan.

Di situs web Departemen Luar Negeri, Rusia telah ditambahkan ke daftar pendek negara-negara di mana “Amerika Serikat tidak memiliki perwakilan konsuler atau di mana situasi politik atau keamanan cukup tidak jelas atau tidak pasti” untuk mencegah staf konsuler memproses aplikasi visa imigran.

Tembak pembawa pesan

Pada hari Sabtu, Moskow menangkap seorang mantan narapidana yang mencari suaka di Prancis pada a daftar orang yang dicari setelah dia membocorkan video yang mengganggu tentang dugaan pemerkosaan dan penyiksaan di penjara Rusia.

Menurut pemberitahuan yang diterbitkan di situs web Kementerian Dalam Negeri Rusia, Sergei Savelyev – seorang warga negara Belarusia – dicari sehubungan dengan kasus kriminal yang tidak ditentukan.

Sergei Savelyev.
Ursula Hyzy/AFP

‘Kewaspadaan Berlimpah’

Namibia punya dihentikan penggunaan vaksin Sputnik V Covid-19 Rusia menyusul kekhawatiran yang diajukan oleh negara tetangga Afrika Selatan, kata kementerian kesehatan pada Sabtu.

Negara tetangga Afrika Selatan mengatakan awal pekan lalu tidak akan menyetujui Sputnik V karena kekhawatiran itu dapat meningkatkan risiko infeksi HIV di antara laki-laki, klaim yang menurut pengembang vaksin tidak berdasar.

Keluar dalam cuaca dingin

Gazprom Moskow bisa memotong Pasokan gas Moldova jika negara itu tidak menyelesaikan tagihannya dan menandatangani kontrak baru, pejabat tinggi raksasa energi itu dikutip oleh kantor berita Rusia Interfax pada hari Sabtu.

Moldova mengumumkan keadaan darurat 30 hari pada hari Jumat dalam upaya untuk mengamankan gas alam bekas negara Soviet yang lebih murah dari Eropa setelah Moskow – pemasok tradisionalnya – menaikkan harga.

suaka Balkan

Montenegro punya diberikan suaka kepada seorang miliarder Rusia yang dicari oleh Moskow atas dugaan perannya dalam dua pembunuhan dengan alasan bahwa dia dituntut, kata pengacaranya, Sabtu.

Telman Ismailov kelahiran Azerbaijan, yang di masa lalu melepaskan amarah Presiden Rusia Vladimir Putin dengan gaya hidupnya yang boros, adalah ditangkap awal bulan ini di Podgorica dengan surat perintah penangkapan internasional yang dikeluarkan oleh Moskow untuk ekstradisinya.

Telman Ismailov (kiri) selama pengawalannya ke pengadilan di Podgorica.
Oleh Savo Prelevic/AFP

AFP melaporkan.

Data SDY

By gacor88