Tom Sawyer Fest: Dari Mississippi hingga Volga

Jika Anda membaca buku “Petualangan Tom Sawyer” karya Mark Twain, Anda pasti ingat bagaimana bibi Tom Sawyer menyuruhnya mengecat pagar sebagai hukuman. Namun Tom membuatnya tampak begitu menyenangkan hingga teman-temannya ingin melukisnya untuknya saat dia pergi dan bermain.

Terinspirasi oleh episode ini, Tom Sawyer Fest di Samara dimulai pada tahun 2015 oleh Andrei Kochetkov, seorang jurnalis lokal. Dia dan teman-temannya menulis selama bertahun-tahun tanpa hasil tentang kondisi buruk bangunan bersejarah kota tersebut. Jadi mereka memutuskan untuk mengecatnya sendiri. Bangunan yang mereka perbaiki kemudian dipugar oleh pemerintah kota dan menjadi proyek pertama Tom Sawyer Fest.

Salah satu rumah pertama yang direnovasi di Samara
Festival Tom Sawyer

Sejak itu, para aktivis telah merestorasi lebih dari 80 rumah tua di lebih dari 40 kota besar, kecil, dan desa di Rusia. Mereka membersihkan dan memplester, mengganti pintu dan jendela, memperbaiki atap dan melakukan hal-hal lain yang perlu dilakukan, semuanya didanai oleh sponsor, crowdfunding, subsidi atau hibah. Para aktivis Tom Sawyer Fest biasanya merestorasi bangunan apartemen tempat tinggal. Semua proyek dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

“Kami memiliki grup di VKontakte (platform media sosial Rusia) di mana setiap orang dapat mengetahui tentang festival di kotanya. Kami menyambut semua orang, apa pun pengalamannya. Fasilitator telah menguasai seni memberikan tugas berdasarkan keterampilan setiap orang yang datang dan ingin membantu. Seseorang mungkin tahu cara menggunakan penggiling sudut, yang lain suka melukis, yang ketiga membuat kue-kue yang lezat, dan yang keempat tahu cara membersihkan lantai kayu. Misalnya, di Kazan kami bekerja dengan seorang wanita berusia 80 tahun yang membersihkan bagian depan rumah. Ada sukarelawan dari berbagai usia dan keterampilan,” kata Kochetkov kepada The Moscow Times.

Semua kota besar dan kecil yang mengikuti Tom Sawyer Fest memiliki fasilitator yang secara berkala berkumpul di Samara untuk berbagi pengalaman dengan pendatang baru dan mengikuti kursus dengan para ahli di bidang restorasi.

Mengerjakan proyek baru di Samara
Festival Tom Sawyer

Festival Tom Sawyer biasanya dimulai pada awal musim semi dan berlangsung hingga pertengahan musim gugur, tetapi tahun ini festival tersebut berubah karena lockdown akibat virus corona. Festival ini dimulai di Samara hanya pada akhir Juli dengan restorasi fasad bangunan kayu di Ulitsa Bratyev Korostelyovykh. Kemudian mereka akan bekerja sama dengan Samara Grid Company untuk merenovasi gardu trafo modern – proyek pertama dari jenisnya.

Aktivis di Kazan termasuk yang pertama bergabung dengan gerakan ini. Mereka merenovasi 15 rumah, tiga di antaranya terletak di kawasan bersejarah Tatarskaya Sloboda. Di masa lalu, para sukarelawan mampu merenovasi beberapa bangunan dalam satu musim, namun tahun ini virus corona dan masalah dokumen dapat menunda pengerjaan rumah yang pernah dimiliki oleh sejarawan lokal Ivan Pokrovsky.

Festival ini juga diadakan di beberapa kota. Svetlana Fomina dan Oksana Bakushina adalah fasilitator Tom Sawyer Fest di desa Kholui di wilayah Ivanovo, yang terkenal dengan tradisi lukisan ikon Rusia dan miniatur pernis. Ini adalah pemukiman terkecil di mana festival ini pernah diadakan — populasinya hanya sekitar 800 orang.

Pekerjaan di Kholui berbeda dengan restorasi kota.
Festival Tom Sawyer

Pada awalnya, penyelenggara kesulitan untuk menjelaskan konsep festival dan mendapatkan sukarelawan, namun kelompok mereka kini mengetahui bahwa setiap kota memiliki permasalahannya masing-masing. Pada tahun 2019, para aktivis mengadakan pameran karya seniman Anatoly Semyonov dan kemudian merenovasi rumahnya. Tahun ini mereka ingin merenovasi rumah miniaturis Pavel Ivakin, yang menciptakan lebih dari 40 karya yang menggambarkan subjek sejarah, epos dongeng, dan tema modern. Saat ini seorang pustakawan tinggal di sini.

Rumah di Pribytkovo adalah mahakarya modern bergaya kayu.
Festival Tom Sawyer

Ada komunitas lain yang pekerjaannya sudah dimulai tahun ini. Faktanya, di Kaluga, para aktivis telah merestorasi sebuah rumah abad ke-19. Lima komunitas baru bergabung dalam festival ini, termasuk desa Pribytkovo di luar St. Petersburg.

Namun Anastasia Rytova, salah satu fasilitator festival di kota tersebut, mengatakan bahwa mereka memulai pekerjaan ini lebih awal. Berasal dari distrik Gatchinsky di dekatnya, suatu hari dia berkendara ke Pribytkovo dan penduduk setempat meminta bantuannya untuk merenovasi bekas rumah Pribytkov, pendiri kota dan pemilik rumah pertama.

Bangunan tiga lantai ini dibuat pada awal abad ke-20 dan merupakan salah satu contoh terbaik dari “gaya moderne” kayu, art nouveau versi Rusia. Rumah itu memiliki arsitektur yang tidak biasa dan jendela kaca patri yang menurut legenda dibuat berdasarkan sketsa seniman Mikhail Vrubel. Saat ini bangunan tersebut digunakan sebagai perpustakaan, namun terdapat pameran yang menceritakan tentang sejarah dacha “gaya modern”.

Kaca patri akan pulih sepenuhnya.
Festival Tom Sawyer

Rytova mengenal salah satu orang yang menyelenggarakan festival di St. Petersburg. Petersburg dan memintanya untuk melihat rumah itu. Dan begitulah awal mula Tom Sawyer Fest di Prybytkovo. Tahun lalu atapnya diperbaiki, jendela kaca patri dilepas dan disimpan, dan sebuah perusahaan setuju untuk merestorasinya. Tahun ini pada akhir Juli renovasi salah satu fasad rumah dimulai. Awalnya, para aktivis ingin merenovasi seluruh fasad tahun ini, namun karena renovasi dimulai pada akhir musim, mereka berharap selesai tahun depan.

“Kami berharap akan ada lebih banyak wisatawan di Pribytkovo setelah rumahnya direnovasi. Mungkin kita bisa melanjutkan untuk merenovasi bangunan di kota terdekat Vyritsa, tapi kami tidak ingin membuat rencana jangka panjang,” kata Rytova.

Kochetkov menambahkan bahwa para sukarelawan akan kembali tahun ini untuk bekerja bersama Tom Sawyer Fest. “Senang rasanya melihat perubahan ke arah yang lebih baik terjadi di kampung halaman Anda, terutama ketika Anda terlibat. Kami bahkan tidak peduli mengenai penggunaan masker dan sarung tangan – relawan kami selalu memakainya untuk melindungi diri dari debu.”

Pengerjaan proyek Pribytkovo akan memakan waktu setidaknya satu tahun lagi.
Festival Tom Sawyer

Result Sydney

By gacor88