Tersangka kunci MH17 ditahan di timur Ukraina: BBC Rusia

Tersangka utama dalam jatuhnya pesawat Malaysia Airlines Penerbangan 17 ditahan atas dakwaan yang tidak terkait di Ukraina timur saat persidangan pembunuhan terhadap tersangka MH17 dimulai di Belanda musim semi ini, BBC Russia dilaporkan Kamis.

Mantan komandan lapangan Leonid Kharchenko (47) adalah satu-satunya pemegang paspor Ukraina di antara empat tersangka yang disebutkan oleh penyelidikan yang dipimpin Belanda atas tragedi yang menewaskan 298 orang di dalam pesawat MH17 pada Juli 2014. Tiga lainnya adalah warga negara Rusia yang, seperti Kharchenko, diharapkan diadili secara in absentia.

Leonid Kharchenko
Tangkapan layar Youtube

Otoritas pro-Rusia di Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri menangkap Kharchenko di dekat rumahnya pada 11 Maret, BBC Rusia mengutip seorang mantan komandan yang tidak disebutkan namanya yang bertugas bersama Kharchenko. Dia dilaporkan didakwa dengan kepemilikan senjata api ilegal dan penggeledahan ilegal.

Uji coba MH17 dimulai pada 9 Maret.

Mantan rekan tentara mengatakan mereka yakin otoritas pro-Rusia membuat apa yang mereka sebut tuduhan “konyol” terhadap Kharchenko untuk melindunginya dari percobaan penculikan oleh Ukraina.

Pihak berwenang Ukraina, terlibat dalam perang enam tahun dengan separatis yang didukung Rusia di timur negara itu, menuduh Kharchenko pada tahun 2015 menciptakan kelompok teroris.

Layanan keamanan Ukraina diculik saksi kunci MH17 tahun lalu, hanya untuk dia diserahkan ke Rusia sebagai bagian dari pertukaran tahanan profil tinggi.

“Kharchenko menjalani kehidupan yang tenang di Donetsk dan tidak menduga bahwa ini bisa terjadi padanya,” BBC Rusia mengutip seorang mantan prajurit yang tidak disebutkan namanya. “Mungkin mereka menjaganya dengan cara yang kejam ini, tapi ini cara yang sangat aneh untuk mengamankan seseorang.”

Kharchenko dilaporkan ditahan di pusat penahanan Kementerian Kehakiman di Donetsk. Pihak berwenang memperpanjang penangkapannya dua bulan Jumat lalu, menurut BBC Rusia.

Jaksa yang dipimpin oleh Belanda menuduh Kharchenko dan tiga tersangka Rusia memainkan peran sentral dalam mengangkut dan meluncurkan sistem rudal Buk yang menjatuhkan pesawat tersebut.

Rusia membantah berperan dalam jatuhnya MH17.

Selama persidangan bulan Maret di Belanda, hakim menunda persidangan MH17 hingga 8 Juni untuk memberikan lebih banyak waktu bagi pengacara pembela untuk mempersiapkan diri.


SDy Hari Ini

By gacor88