Surat terbuka penjahat menyinari penyiksaan penjara dan kekuatan penjara

Sebuah surat terbuka tulisan tangan beredar media sosial dan kemudian pers, membuka kembali masalah menyakitkan dari penyiksaan resmi dan penyalahgunaan dunia bawah dalam sistem penjara Rusia.

Itu berpura-pura menjadi a penuntutan (“lari” atau “gang”), sebuah pernyataan dari kumpulan tokoh senior di dunia bawah tanah Rusia. Ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah utama saat ini, tentang perilaku yang benar mengumpulkan – “pencuri,” istilah untuk anggota subkultur kriminal – atau salah satu figur otoritas yang dikenal sebagai vory v zakone (secara harfiah, “pencuri dalam hukum”, tetapi lebih baik diterjemahkan sebagai “pencuri dalam kode”) secara hukum “dimahkotai” dalam status baru mereka.

Kebrutalan sebagai taktik

Namun, subjek surat terbuka ini adalah praktik yang terungkap dalam cache video yang mengganggu dari penjara di seluruh Rusia itu baru-baru ini bocoryang menunjukkan bagaimana narapidana dikencingi, dipukuli dan diperkosa dengan alat dari kancing hingga gagang pel.

Kebocoran ini menyebabkan kemarahan yang dapat dimengerti, serangkaian kasus kriminal, dan “pensiun” kepala FSIN, Lembaga Pemasyarakatan Federal (dia digantikan oleh orang luarPolisi).

Apa yang membuat yang brutal dan kejam menjadi lebih mengerikan adalah caranya, dalam kode tradisional mengumpulkansiapapun yang membiarkan dirinya diperlakukan seperti ini menjadi orang buangan, dikenal dengan berbagai sebutan seperti “ayam jago”, dikucilkan, bahkan dilarang makan bersama sesama narapidana, dan sering mengalami kekerasan dan intimidasi dari teman sebayanya yang dihadapi.

Ini sebenarnya adalah bagian dari alasan praktik tersebut, dan mungkin untuk perekaman video tentang apa yang sebenarnya merupakan tindakan kriminal.

Mereka yang mengalami hal ini menjadi rentan terhadap pemerasan, akibat dicap sebagai “rendahan”. Dalam beberapa kasus dilakukan untuk memeras uang, terkadang sadisme murni, tetapi seringkali juga sebagai a alat kendali yang brutalmemaksa narapidana untuk menginformasikan atau bahkan secara aktif mendukung otoritas kamp penjara.

Pragmatisme kemanusiaan?

Surat terbuka tersebut menyerukan pelonggaran dari garis ketat sebelumnya terhadap para tahanan yang “direndahkan” ini.

Meskipun itu menunjukkan belas kasihan bagi beberapa orang, itu terus memandang mereka najis.

Meskipun seseorang dapat “bersimpati dengan mereka”, tidak ada relaksasi struktur yang dimaksudkan untuk, katakanlah, makan bersama mereka. Sulit untuk melihat ini sebagai pemutusan nyata dengan tradisi kekerasan, eksploitatif dan homofobik dari hukum pidana, meskipun mungkin lebih dimotivasi oleh pragmatisme. Dengan menghentikan pengucilan penuh terhadap korban pelecehan tersebut, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pengaruh yang diberikan oleh ancaman pemerkosaan kepada otoritas penjara.

Surat progon

Masih ada perdebatan mengenai apakah surat itu asli. Ini tentu sesuai dengan gaya, bahasa dan bentuk yang khas penuntutantetapi tidak biasa karena hanya disebut “sekelompok pencuri”, padahal biasanya penting bagi individu vory v zakone apa yang didukungnya diidentifikasi, tepatnya untuk memberinya otoritas.

Bagi sebagian orang, tidak adanya penandatangan tersebut mencerminkan dampak dari Bagian 210.1 KUHP, yang diperkenalkan pada tahun 2019. Ini memungkinkan penuntutan bukan atas dasar kejahatan tertentu, tetapi hanya karena menjadi tokoh senior dalam kelompok kejahatan terorganisir.

Namun, konsensus tampaknya asli, paling tidak karena dokumen serupa lainnya melakukan putaran dalam sistem penjara.

Kode bergerak

Tapi apa maksud yang sebenarnya? Kode tradisional dari vorovskoi mir“dunia pencuri”, sangat menurun.

Sementara sekali vory v zakone hampir secara universal dihormati di dunia bawah, gelar tersebut semakin dibeli atau diberikan oleh seorang gangster senior kepada sekutu dan kroninya, tanpa mencari konsensus yang lebih luas tentang kelayakan mereka.

Kode lama sangat kurang kuat dengan gangster etnis Rusia, karena rekan-rekan mereka dari Kaukasus berpegang teguh pada kehormatan dan mitologinya. Hal ini juga lebih nyata di dalam sistem penjara daripada di luarnya.

Namun demikian, kode tersebut adalah kode yang hidup, dan dapat dan memang berubah dari waktu ke waktu, untuk mencerminkan tantangan dan peluang saat itu. Itu pada dasarnya ditulis ulang oleh kemenangan yang disebut “pelacur”, sukikolaborator pragmatis yang memenangkan perang intra-Gulag pada 1940-an dan 1950-an.

Itu kemudian diubah untuk mengizinkan perdagangan narkoba dan sekali lagi untuk mencerminkan disintegrasi Uni Soviet. Sampai taraf tertentu sekarang sedang ditulis ulang oleh konklaf dari vory v zakonetetapi melalui praktik di lapangan dan di penjara.

Oleh karena itu, merupakan pragmatisme baru untuk mencoba mengurangi kekuatan otoritas penjara yang sama kejamnya atas mereka (dan perlu ditegaskan kembali bahwa praktik brutal semacam itu tidak legal atau dipraktikkan secara universal).

Perebutan kekuasaan?

Itu juga bisa menjadi bagian dari politik dunia bawah.

Menurut beberapa laporandi antara kunci di balik surat itu adalah Zakhary Kalashov, yang dikenal sebagai Shakro Muda, ‘Shakro yang lebih muda.’ Meskipun saat ini dia menjalani hukuman penjara sepuluh tahun atas tuduhan pemerasan, dia adalah salah satu hewan terbesar di dunia bawah tanah Rusia, dan abadi. penuntut untuk status informal bos bos.

TKP terorganisir Rusia terlalu besar, terlalu terfragmentasi dan semakin internasional untuk menjadi salah satu figur dominan, struktur atau bahkan subkultur.

Namun demikian, perjuangan untuk supremasi atas wilayah, pasar atau elemen tertentu dari vorovskoi mir umum, didorong oleh ego dan kepentingan diri sendiri. Bahwa Shakro yang Lebih Muda mungkin juga mendukung revisi kode lebih lanjut, yang menyelamatkan banyak tahanan dari pelecehan dan menyangkal pihak berwenang, oleh karena itu juga dapat menjadi bagian dari perebutan kekuasaan, upaya untuk memposisikan dirinya untuk meningkatkan perwakilan. dari penjahat tradisionalis khususnya dalam sistem penjara.

Dengan cara ini, surat satu halaman dapat menggambarkan tidak hanya terus digunakannya taktik brutal dan ilegal oleh otoritas FSIN, tetapi juga fleksibilitas hukum pidana yang terus berlanjut – dan berbagai cara di mana vory v zakone perjuangan mereka sendiri untuk mengejar kekuasaan dan legitimasi.

Pendapat yang diungkapkan dalam opini tidak serta merta mencerminkan posisi The Moscow Times.

Keluaran Sydney

By gacor88