Saat Biden dan Putin berbincang, pedagang senjata yang dipenjara berharap pameran seni akan membuatnya tetap menjadi sorotan

Di koridor lantai pertama Kamar Warga Rusia di pusat kota Moskow, puluhan lukisan kucing, monyet, dan burung beo digantung di dinding.

Artis yang tidak diduga adalah Viktor Bout, juga dikenal sebagai “pedagang kematian”, mantan pedagang senjata Rusia yang menjalani hukuman 25 tahun di penjara Amerika, yang menjadi inspirasi untuk film Hollywood tahun 2005 “Lord of War” yang dibintangi Nicolas Cage .

“Pameran ini kami adakan untuk menunjukkan bahwa Viktor masih mempunyai kemauan untuk melanjutkan, meski dalam situasi sulit,” kata istri Bout, Alla, yang mengelola Road to Home Foundation yang berkampanye untuk pembebasan suaminya.

Alla juga berharap pameran itu bisa membuat suaminya terus diberitakan.

“Penting juga untuk mengingatkan masyarakat bahwa dia masih di penjara, banyak waktu telah berlalu sejak dia pertama kali ditangkap,” tambahnya.

Bout, mantan tentara letnan, sejauh ini telah menghabiskan 11 tahun di penjara AS setelah penangkapannya pada tahun 2008 di Thailand dalam operasi tangkap tangan yang ekstensif, di mana Administrasi Penegakan Narkoba AS agen yang menyamar sebagai pemberontak Marxis Kolombia yang mencoba membeli gudang senjata modern.

Sepanjang penahanannya, Bout berulang kali dikaitkan dengannya pertukaran tahanan yang melibatkan Orang Amerika di penjara di Rusia.

Baru-baru ini, muncul laporan bahwa Bout dapat ditukar dengan Paul Whelan, mantan petugas keamanan di sebuah perusahaan suku cadang mobil yang ditangkap atas tuduhan spionase pada Desember 2018, atau Trevor Reed, yang ditangkap pada tahun 2019 karena perkelahian yang menewaskan dua orang Rusia. petugas polisi meninju.

Karena ancaman invasi Rusia ke Ukraina telah menjadi topik pembicaraan global selama sebulan terakhir, topik pertukaran tahanan kemungkinan besar tidak akan diangkat dalam pertemuan puncak virtual hari Selasa antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden. .

Jaksa AS menuduh senjata Bout memicu konflik bersenjata di beberapa negara paling berdarah di dunia, termasuk Rwanda, Angola, dan Republik Demokratik Kongo. Bout selalu menyatakan bahwa dia adalah pengusaha yang sah.

Pameran di Moskow ini menampilkan 24 potret, lanskap, dan benda mati Bout – termasuk sejumlah potret diri di balik jeruji besi dengan kumis khasnya. Karya-karyanya berupa pensil, pulpen, pastel, krayon lilin, dan cat minyak yang dibuat oleh Lembaga Pemasyarakatan Amerika Serikat di Marion.

Alla Bout mengatakan bahwa setiap gambar “memiliki jalan yang sangat sulit menuju Rusia,” setelah personel diplomatik Rusia terbang ke negara tersebut.

“Viktor akan mengirimkan gambar tersebut ke kedutaan Rusia di Washington dan diplomat kami akan mengambil salah satu gambar tersebut setiap kali mereka terbang pulang untuk berlibur,” katanya.

Semuanya tersisa.
oprf.ru

Pameran tersebut dibuka pada hari Senin, dan dihadiri oleh sejumlah tamu yang berhubungan dengan pemerintah, termasuk Maria Butina, aktivis hak kepemilikan senjata yang menghabiskan 15 bulan di penjara AS setelah mengaku bekerja sebagai agen Rusia yang tidak terdaftar. butina, yang kembali ke Rusia pada Oktober 2019 dan kini menduduki kursi di parlemen Rusia, adalah salah satu pendukung Bout yang paling vokal.

“Saat saya melihat lukisan itu, saya merasakan kepedihan yang dialami Bout. Rasa sakit yang membuat saya merasa masih berada di balik jeruji besi juga,” Butina, yang mengelola sebuah yayasan yang mendukung warga Rusia yang dipenjara di luar negeri, mengatakan kepada The Moscow Times melalui telepon.

Moskow sering menyebut kasus Bout sebagai kasus politis, mengutip pernyataan yang dibuat oleh Hakim Distrik AS Shira Scheindlin – yang memimpin kasus Bout di Manhattan – dalam sebuah wawancara dengan The New York Times di mana dia dikatakan dia yakin hukuman itu “berlebihan dan tidak pantas”.

“Saya sangat berharap Amerika setuju untuk menukar tahanan, termasuk Bout, sehingga dia dan orang lain dapat menghabiskan waktu bersama keluarganya selama Natal. Ini akan membantu memulihkan hubungan yang saat ini berada pada titik terendah,” kata Butina seraya menambahkan bahwa dia tidak menyangka topik tersebut akan diangkat hari ini.

Bpengacara out Alexei Tarasov mengatakan pada hari Senin bahwa ada tidak ada perkembangan tentang masalah pertukarannya.

“Saya tidak melihat indikasi klien saya akan dibahas dalam pertemuan tersebut,” kata pengacara itu kepada kantor berita negara Rusia TASS.

Meskipun tujuan utama pameran ini adalah untuk memberikan perhatian baru terhadap kasus Bout, Alla mengatakan hobi Viktor juga membantunya tetap waras selama berada di balik jeruji besi.

“Bagi Viktor sendiri, itu adalah semacam meditasi, ketika dia bisa teralihkan dari kondisi yang dihadapinya di penjara, dari tembok abu-abu. Melalui seni, dia bisa dipindahkan ke dunia lain, menjadi dunia kebebasan.”

Keluaran Sydney

By gacor88