Rayakan Tahun Baru Imlek dengan Buuz Mongolia

Lunar Seharusnya tidak mengherankan jika banyak warga Rusia bersiap untuk perayaan mewah minggu depan.

Tahun Baru Imlek dimulai pada hari setelah Bulan Baru pertama antara 21 Januari dan 20 Februari. Tahun ini, Tahun Macan Air akan dimulai pada tanggal 1 Februari, yang dijanjikan para astrolog, akan membawa tahun pengambilan risiko, petualangan, dan perubahan cepat, baik menjadi lebih baik atau lebih buruk. Perubahan dan petualangan terdengar hebat bagi saya, jadi saya bersiap untuk menyambut tahun baru dengan penuh semangat… dan banyak pangsit.

Pangsit adalah bagian penting dari perayaan Tahun Baru Imlek; mereka tidak hanya enak, tetapi juga penuh dengan simbolisme. Pangsit berbentuk bulan sabit menyerupai batangan emas dan perak, yang pernah menjadi mata uang kekaisaran Cina. Bersamaan dengan pangsit “dompet” yang bulat dan bengkok, pangsit ini dianggap sebagai pertanda keberuntungan, terutama jika seseorang adalah penerima satu koin emas, tersembunyi di dalam isian setiap bungkusan pangsit yang ditawarkan pada Tahun Baru Imlek. melayani. Siomay juga melambangkan persatuan dan kebersamaan keluarga: membuat siomay, meski memakan waktu dan berulang-ulang, jauh lebih mudah dan menyenangkan bila dilakukan secara berkelompok.

Jennifer Eremeeva / MT

Dengan mengingat semua ini, saya beralih ke salah satu tetangga terdekat geografis dan sejarah Rusia – Mongolia – untuk mendapatkan inspirasi. Suku nomaden Mongolia-lah yang membawa pangsit pertama ke Rusia: makanan ringan, portabel, tetapi mengenyangkan untuk menopang pasukan Genghis Khan, yang menduduki tanah Rus selama hampir tiga abad. Belakangan, Mongolia dimasukkan ke dalam Tiongkok hingga tahun 1921, ketika Republik Rakyat Mongolia diproklamirkan. Sejak saat itu, Mongolia sangat dekat dengan Uni Soviet, meskipun sejak tahun 1990 Mongolia mengikuti jalur yang lebih mandiri. Tetapi banyak pangsit, atau lebih tepatnya buuz, seperti yang dikenal di Mongolia, telah sampai ke Rusia, terutama berkat jalur kereta api Trans-Siberia dan Trans-Mongolia yang menghubungkan ibu kota Mongolia Ulaanbaatar dengan Moskow.

Steamed buuz (diucapkan dengan huruf “o” yang lebar seperti pada “boat”) merupakan pusat perayaan Tsagaan Sar atau “Bulan Putih” sebagaimana Tahun Baru Imlek dikenal di Mongolia. Buuz lebih besar dari pangsit Cina klasik, dan dibuat dengan daging kambing atau sapi, secara tradisional dibumbui dengan biji jintan, yang memberikan rasa yang unik, kemudian dikukus.

Tsagaan Sar adalah saat yang menggembirakan, dengan keluarga berkumpul untuk pesta yang luas dan melimpah, yang dianggap sebagai tanda positif kemakmuran di tahun mendatang. Untuk menyiapkan banyak buuz untuk Tsagaan Sar, keluarga Mongolia menunggu hari yang sangat dingin, kemudian berkumpul untuk membentuk jalur perakitan, membuat beberapa mangkuk buuz, yang mereka bekukan dan simpan di luar dalam suhu yang sangat dingin – trik yang mereka berikan kepada orang Siberia yang melakukan sama dengan pelmeni, menguburnya jauh di dalam tumpukan salju.

Jennifer Eremeeva / MT

Saya telah mendedikasikan tahun (non-lunar) ini untuk menguasai seni pangsit dari seluruh dunia, sebuah proyek yang saya sebut #Kluitjies2022. Saya menghabiskan sebagian besar tes bulan Januari dengan mengendarai sekitar 40 resep berbeda untuk pembungkus pangsit, pangsit, gyoza, jiao, pirogi, dan pelmeni. Ya, Anda dapat membelinya di toko kelontong Asia, tetapi setiap ahli pangsit menganjurkan untuk membuatnya sendiri, dan setelah memecahkan kode bungkusnya, saya setuju dengan mereka! Ada perbedaan besar antara pembungkus yang dibeli di toko dan buatan sendiri, tidak hanya dalam hal rasa, tetapi juga dalam kemudahan membentuk, melipat, dan melipat bola. Setelah menguasai hal-hal penting ini, saya siap terjun ke bagian (er) yang menyenangkan dari ilmu pangsit: isian, pelipatan, dan memasak.

Resep buuz di bawah ini cukup tradisional dan menggunakan daging sapi karena tidak semua orang bisa mendapatkan daging kambing yang sebenarnya. Kuncinya di sini adalah menggiling daging secara kasar (lihat resep untuk berbagai metode) dan pastikan untuk mengaduk isinya hingga teksturnya sedikit seperti agar-agar. Saya menambahkan beberapa bahan untuk membuat isiannya lebih segar, termasuk kaldu sapi dan mentega, yang tidak tradisional, tetapi saya merasa membuat perbedaan besar. Saya sering melihat buuz disajikan tanpa saus, tapi menurut saya kecap pedas dan cuka menambahkan banyak, seperti halnya minyak cabai panas, jika selera Anda cenderung pedas. Perhatikan bahwa pelemenitsa tidak akan berfungsi di sini – Anda harus melipat dan melipat sendiri pangsit ini satu per satu, jadi kumpulkan teman dan keluarga di sekitar meja dapur Anda pada hari yang dingin dan buat buuz Mongolia yang membuat ketagihan ini tepat pada waktunya untuk bermalas-malasan di Tahun Ini dari Macan Air!

Jennifer Eremeeva / MT

Buuz Mongolia (Pangsit Daging Sapi)

Hasil: 38-42 Buuz

Untuk bungkus pangsit

  • 3-⅓ cangkir (430 gram) tepung terigu berprotein tinggi**
  • 1 gelas (240 gram) air mendidih, biarkan dingin selama 2 menit
  • 1-½ sendok makan garam

Untuk isian

  • 1 pon. (500 gram) daging sapi dengan kandungan lemak baik (strip steak, porterhouse, atau rib-eye)
  • 2 bawang kuning kecil
  • 4 siung bawang putih
  • 1 putih telur
  • 1 ikat ketumbar, cincang halus
  • 2 sdm biji jintan, panggang
  • 2 sdt bawang bubuk
  • 1 sdt paprika
  • 1 sdt lada putih
  • 5 bawang bombay, buang bijinya, dan potong-potong
  • 1 sdm garam
  • ⅓ cangkir (80 gram) kaldu sapi
  • 2 sendok makan mentega asin, potong kecil-kecil

Untuk saus cuka

  • ⅓ cangkir (80 gram) kecap
  • 2 sendok teh. cuka hitam atau cuka suling putih biasa
  • ½ sendok teh gula merah atau madu
  • 1 tombol segar, jahe muda, potong sangat tipis
  • 2 bawang bombay, cincang halus
  • 1 sdt biji wijen
  • ½ sendok teh minyak cabai panas (opsional – jika tidak suka pedas, tinggalkan saja)

** Catatan tentang tepung: Saya mencoba semua jenis tepung untuk resep ini, dan sementara serba guna bekerja cukup baik, ada baiknya mencoba untuk mendapatkan tepung roti atau “00” Italia Standar Emas yang membuat pasta digunakan.

Jennifer Eremeeva / MT

Instruksi

Buat bungkus pangsit

  • Ayak tepung dan garam bersama-sama dalam mangkuk mixer berdiri yang dilengkapi dengan pengait adonan, atau dalam mangkuk pencampur yang kokoh.
  • Perlahan tuangkan air ke dalam tepung dan uleni dengan kecepatan rendah (2 pada Alat Bantu Dapur) atau dengan tangan menggunakan pengait adonan Denmark atau spatula kayu yang kokoh. Adonan akan kasar pada awalnya. Jika diaduk dengan tangan, ratakan adonan kasar ke permukaan yang sudah ditaburi tepung dan uleni dengan tumit telapak tangan sampai adonan menyatu menjadi bola halus dengan sedikit elastisitas (sekitar 10 menit).
  • Jika menggunakan stand mixer, uleni adonan dengan media (3-4 pada Kitchen Aid) selama 5 menit sampai adonan tercampur rata, sedikit elastis dan mudah ditarik dari sisi mangkuk.
  • Bentuk adonan menjadi cakram dan masukkan ke dalam kantong plastik atau bungkus dengan bungkus plastik dan diamkan pada suhu kamar selama 30-50 menit.
  • Saat adonan diistirahatkan, buat isiannya.
  • Panggang biji jintan hingga rasanya semakin kuat, lalu tambahkan bumbu yang tersisa, aduk hingga rata. Angkat dari api dan biarkan dingin hingga suhu kamar, lalu tumbuk adonan dengan alu atau giling dalam penggiling bumbu. Sisihkan campuran bumbu.
  • Jika Anda memiliki penggiling daging sendiri, giling daging dengan pengaturan kasar, atau minta tukang daging yang ramah melakukannya untuk Anda. Daging giling biasa dari supermarket bisa digunakan, tetapi tekstur isiannya jauh lebih baik dengan gilingan yang lebih kasar. Jika Anda tidak memiliki penggiling daging atau tukang daging yang ramah, gunakan food processor Anda untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

Jennifer Eremeeva / MT

Cara menggiling daging dengan food processor

  • Potong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil dan susun dalam satu lapisan di atas loyang yang dilapisi kertas roti. Bekukan daging selama 30 menit dengan pisau baja pengolah makanan Anda. Bekerja dalam kelompok yang lebih kecil, haluskan daging sampai ditumbuk kasar. Menyisihkan.
  • Tambahkan bawang bombay dan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam food processor dan proses hingga halus. Tambahkan ketumbar dan daun bawang dan nadi sampai dimasukkan ke dalam campuran bawang.
  • Campur campuran daging dan bawang dalam mangkuk besar dengan putih telur, kaldu sapi, dan mentega. Uleni dengan tangan bersih untuk digabungkan. Saat campuran digabungkan, tambahkan campuran bumbu dan garam.
  • Gunakan tangan bersih Anda atau segenggam 6-8 sumpit untuk mengaduk campuran dalam satu arah hingga teksturnya seperti agar-agar dan terasa hampir berlendir saat disentuh. Ini bisa memakan waktu hingga 7-8 menit. Dinginkan hingga siap digunakan.

Jennifer Eremeeva / MT

Merakit Buuz

  • Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama, simpan adonan yang tidak Anda kerjakan di bawah kain lembab agar tidak mengering.
  • Bentuk setiap setengah adonan menjadi cincin seperti bagel, lalu gunakan tangan Anda untuk meregangkan adonan menjadi cincin yang terus melebar hingga lebar adonan sekitar satu inci. Potong cincin menjadi dua bagian, lalu gunakan telapak tangan Anda untuk menggulung adonan menjadi batang kayu yang panjang. Potong setiap log menjadi sekitar 10-12 bagian dengan berat masing-masing sekitar 15 gram. Perhatikan bahwa bungkus ini akan lebih besar dari bungkus pelmeni atau gyoza.
  • Ratakan setiap potongan adonan menjadi cakram, lalu gulung, buat tepi bungkus bundar lebih tipis dari bagian tengah: ini akan menopang isian.
  • Sendok 2 sendok teh isian ke tengah bungkus adonan, lalu lipat dan lipat bungkusnya menjadi bentuk yang diinginkan: perhatikan bahwa dompet koin dan batangan yang dipelintir dianggap tradisional dan sangat beruntung untuk Tahun Baru Imlek.
  • Jika Anda ingin membekukan buuz sebelumnya, lapisi loyang terlebih dahulu dengan kertas roti. Bekukan baki buuz selama 30 menit, lalu keluarkan pangsit beku ke dalam wadah atau kantong plastik kedap udara, yang akan disimpan di dalam freezer hingga 5 bulan.

Kukus buuz

  • Jika Anda menyukai pangsit dan berencana membuatnya secara teratur, pengukus bambu adalah investasi yang sangat baik: mudah digunakan dan Anda dapat membawa pangsit langsung ke meja di dalam keranjang. Tapi Anda juga bisa menggunakan keranjang kukusan logam biasa. Pastikan untuk melapisi keduanya dengan kertas perkamen atau daun kubis Napa agar pangsit tidak lengket.
  • Didihkan air di dalam wajan atau panci, berhati-hatilah agar permukaan air tidak menyentuh bagian bawah keranjang uap. Atur buuz di dalam kukusan, sisakan setidaknya ½ inci di antaranya, karena akan mengembang saat dimasak. Tempatkan keranjang kukusan di atas air mendidih, tutup dan kukus selama 8 menit jika buuz masih segar atau 10 menit jika sudah beku.
  • Saat buuz sedang dimasak, buat saus celup: kocok semua bahan sampai gula larut dan sajikan di piring dangkal.

Jennifer Eremeeva / MT

slot

By gacor88