Perubahan Iklim untuk Mengubah Lanskap Rusia pada Tahun 2100 – Studi

Geografi Rusia akan berubah secara dramatis pada akhir abad ini jika perubahan iklim berlanjut pada tingkat saat ini, kata para ilmuwan di Universitas Aalmo di Finlandia. diprediksi dalam studi baru.

Jika iklim global menghangat hingga 3,7 derajat Celcius, perubahan zona iklim yang radikal akan mempengaruhi sebagian besar wilayah planet ini, mengancam sekitar sepertiga pasokan pangan global, tulis para ilmuwan.

Dalam skenario ini, sebagian besar hutan boreal dan tundra Rusia bisa hilang pada tahun 2100 — sementara kota-kota seperti St. Petersburg dan Moskow dapat dikelilingi oleh gurun pasir, para ilmuwan Finlandia memproyeksikan dalam penelitian yang diterbitkan Jumat lalu.

Selama periode dasar 1970-2000, sebagian besar wilayah daratan Rusia diklasifikasikan sebagai hutan boreal, tundra, atau hutan beriklim sejuk. Tetapi pada tahun 2100, sebagian besar tundra dan zona boreal negara itu bisa menghilang, para ilmuwan Finlandia memproyeksikan dalam penelitian yang diterbitkan Jumat lalu.

Hutan beriklim sejuk di sekitar St. Petersburg dan Moskow akan berubah menjadi gurun beriklim sedang yang sekarang ada di tempat-tempat seperti Kazakhstan dan Gurun Mojave di Barat Daya Amerika.

Sementara itu, stepa Rusia akan digantikan oleh gurun sedang saat berpindah dari Siberia selatan ke Siberia timur.

Sebagian besar wilayah geografis Eropa (termasuk Rusia timur) dapat diklasifikasikan sebagai zona hutan kaparal, sedang, atau tropis pada akhir abad ini jika tren saat ini bertahan, kata studi tersebut.

Secara global, penulis penelitian memproyeksikan bahwa hutan boreal – yang saat ini mencakup sekitar 18 juta kilometer persegi permukaan bumi – dapat menyusut hingga 56% (menjadi 8 juta kilometer persegi) jika pemanasan global mencapai 3,7 C. Namun, itu bisa menyusut hanya 20. % (hingga 14,8 juta kilometer persegi) jika emisi karbon dikurangi secara drastis dan planet ini menghangat hanya 1,5-2 C sebagai pakar PBB harapan.

Tundra bisa menyusut hingga 75% atau menghilang sama sekali, terkadang digantikan oleh hutan boreal, para ilmuwan Finlandia memperingatkan. Sementara itu, gurun boreal dan sedang diperkirakan akan tumbuh.

Sementara pejabat Rusia baru-baru ini dikatakan Wilayah Arktik di negara itu dapat menjadi subur dalam beberapa dekade mendatang, kata studi Universitas Aalto, menambahkan bahwa peluang pertanian baru tidak akan menggantikan hilangnya rantai pasokan pangan global yang disebabkan oleh perubahan radikal di Afrika dan Asia Selatan, wilayah yang paling terpengaruh oleh krisis iklim tidak terpengaruh akan diganti. .


pragmatic play

By gacor88