Perang dan popularitas di Ukraina: Mengapa Putin melewatkan konferensi pers tahunannya

Itu pembatalan konferensi pers tahunan Presiden Rusia Vladimir Putin awal pekan ini adalah keputusan menit terakhir yang dibuat karena kekhawatiran yang berkembang bahwa acara televisi akan didominasi oleh perang di Ukraina, enam Kremlin dan pejabat pemerintah mengatakan kepada The Moscow Times.

Putin telah mengadakan 17 konferensi pers semacam itu – sebuah perlengkapan dalam kalender politik Rusia – sejak ia pertama kali menjadi presiden pada tahun 2000 dan secara tradisional mereka menawarkan dia kesempatan untuk menunjukkan penguasaannya atas isu-isu hari ini.

Ada kekhawatiran khusus di Kremlin bahwa Kiev mungkin akan melancarkan serangan besar menjelang acara tersebut.

“Tidak ada yang bisa memberikan jaminan 100%” bahwa serangan seperti itu tidak akan terjadi, kata seorang pejabat Kremlin kepada The Moscow Times tanpa menyebut nama.

“Presiden mengetahui hal ini dan itu adalah argumen yang kuat untuk tidak mengadakan konferensi pers.”

Rusia telah mengalami serangkaian penghinaan militer di Ukraina dalam beberapa bulan terakhir, termasuk menarik kembali Kherson, satu-satunya ibu kota regional Ukraina yang diduduki oleh pasukan Rusia dalam invasi 10 bulan, dan pesawat tak berawak Ukraina pemogokan di lapangan terbang jauh di dalam Rusia.

Keputusan untuk melewatkan konferensi pers adalah tanda langka bagaimana peristiwa di medan perang secara langsung memengaruhi pengambilan keputusan politik di Moskow.

Jembatan Krimea sedang diperbaiki setelah rusak akibat ledakan.
Rosavtodor

Tapi ini bukan satu-satunya peristiwa politik besar yang dikesampingkan Kremlin di tengah pertempuran di Ukraina.

Putin tidak mengadakan acara telepon di televisi tradisionalnya tahun ini – acara terakhir seperti itu terjadi pada Juni 2021. Dan Kremlin masih belum menetapkan tanggal untuk pidato kenegaraan tahunan kepada anggota parlemen, meskipun juru bicara Putin, Dmitry Peskov, menjanjikan pada bulan September tahun ini akan berlangsung.

Persiapan untuk konferensi pers maraton Putin, yang melibatkan jurnalis Rusia dan asing dan dapat berlangsung selama empat jam, sudah sangat maju ketika Putin memilih untuk menghentikannya, menurut enam pejabat Kremlin dan pejabat pemerintah serta penasihat hubungan pemerintah di perusahaan besar Rusia. perusahaan yang semuanya meminta anonimitas untuk berbicara dengan bebas.

Penulis pidato bahkan ditugaskan untuk mengerjakan topik paling penting yang akan menjadi fokus presiden, menurut dua pejabat.

“Situasi di garis depan dan bagaimana itu tidak berkembang dengan cara yang paling menguntungkan telah dibahas,” kata pejabat Kremlin itu. “Tapi semua orang menganggukkan kepala – bos adalah batu, dia bisa mengatasinya. Dia tidak ingin membatalkan (konferensi pers), dan kemampuan serta pengalamannya untuk bekerja dalam “genre besar” akan memungkinkannya untuk mengubah situasi menjadi menguntungkannya. Lagipula, Rusia saat ini benar-benar benteng yang terkepung, dan Putin adalah komandannya.”

Namun keraguan mulai muncul di kalangan pejabat tinggi bulan lalu, menurut mereka yang akrab dengan diskusi tersebut.

Kemunduran militer di Ukraina khususnya yang mulai mengkhawatirkan para perencana acara: penarikan angkatan bersenjata Rusia dari Kherson yang diduduki, ledakan di jembatan Krimea, masalah terkait kampanye mobilisasi dan serangan Ukraina di wilayah Rusia.

Jeritan terakhir bagi presiden adalah bahwa dinas keamanan tidak dapat menjamin bahwa serangan besar Ukraina tidak akan terjadi segera setelah konferensi pers, menurut pejabat Kremlin.

Ada ketakutan serupa di antara orang-orang di Kremlin yang mempersiapkan pidato kenegaraan Putin, menurut pejabat Rusia yang berbicara kepada The Moscow Times.

Kantor berita milik negara TASS dilaporkan Rabu pidato yang disampaikan ke kedua majelis parlemen, akan diundur ke tahun 2023.

Salah satu perhatian utama Kremlin lainnya untuk penampilan set-piece Putin sebagai konferensi pers dan pidato kenegaraan adalah bahwa mengaitkan Putin terlalu dekat dengan perang akan berdampak negatif pada popularitasnya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan penghargaan kepada prajurit.
Presiden Ukraina / Flickr

Sementara undang-undang sensor yang kejam membuat penilaian sikap orang Rusia biasa terhadap perang di Ukraina menjadi sangat sulit, survei pemerintah yang baru-baru ini bocor menunjukkan bahwa kelelahan pertempuran mungkin menyebar.

Satu jajak pendapat komisi Kremlin dilaporkan oleh outlet media independen Meduza menunjukkan bulan lalu bahwa 55% orang Rusia mendukung pembicaraan damai dengan Ukraina, sementara jurnalis independen Farida Rustamova dan Maxim Tovkaylo dilaporkan minggu lalu jajak pendapat terkait pemerintah menunjukkan bahwa 60% orang Rusia percaya bahwa Putin melakukan hal yang salah untuk memulai konflik.

“Perhatikan bagaimana ‘kepala suku’ telah diam selama lebih dari sebulan tentang penyerahan Kherson,” kata pejabat kedua Kremlin. “Pernyataan apa pun tentang suaka segera merusak popularitasnya… Yang lain harus mengambil rap.”

Seandainya konferensi pers berlangsung, tidak mungkin untuk mencegah perang Ukraina menjadi topik utamanya, menurut keenam pejabat yang berbicara kepada The Moscow Times.

Secara tradisional, pada acara yang dipublikasikan secara luas, Putin menghabiskan banyak waktu untuk menjawab pertanyaan tentang masalah sosial – seperti perumahan dan perawatan kesehatan – serta menawarkan bantuan untuk masalah lokal tertentu. Tapi akan sangat sulit untuk menegakkan agenda seperti itu kali ini.

“Sebagian besar pertanyaannya adalah sebagai berikut: ‘Saudaraku dimobilisasi dari tahun 1942 dan diberi helm dan kami harus membelikannya sepatu dengan uang kami sendiri … Vladimir Vladimirovich, bereskan!’ Dan pertanyaan lain akan lebih tidak pantas lagi,” kata pejabat kedua Kremlin.

Peskov menolak menjawab pertanyaan tertulis dari The Moscow Times tentang alasan pembatalan konferensi pers.

Tetapi dia mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa itu tidak akan terjadi tahun ini – dan tidak memberikan tanggal alternatif tahun 2023.

Alih-alih meminta presiden berpidato di Majelis Federal dan menjadi tuan rumah konferensi pers tahunannya, Kremlin ingin mengasosiasikan Putin dengan cerita “kabar baik”, menurut para pejabat.

Karyawan di empat perusahaan besar di sektor energi, transportasi, dan komunikasi mengonfirmasi kepada The Moscow Times minggu ini bahwa mereka telah menerima pertanyaan dari administrasi kepresidenan tentang peristiwa positif yang mungkin melibatkan Putin.

Putin baru-baru ini berpartisipasi dalam serangkaian acara publik yang luar biasa besar: dari itu pembukaan dari peternakan kalkun pada perayaan ulang tahun badan tenaga nuklir Rosatom dan konglomerat pertahanan Rostecdan penyingkapan dari jalan raya yang baru diperbaiki.

Membatalkan konferensi pers dan menunda pidato kenegaraan adalah langkah bijak dari perspektif taktis, menurut analis politik Abbas Gallyamov, mantan penulis pidato Putin.

Tapi ini menciptakan masalah jangka panjang bagi kepemimpinan Rusia, yang tidak bisa selamanya mengabaikan masalah perang, katanya kepada The Moscow Times.

“Keputusan ini membuktikan kebuntuan strategis yang dialami Kremlin,” kata Gallyamov.

sbobet mobile

By gacor88