Partai Politik Rusia Baru membawa kode pakaian politik baru

Minggu lalu, beberapa tamu yang jelas-jelas tidak biasa berkumpul di ruang kongres di Moskow tengah yang lebih sering menjadi tuan rumah pesta pernikahan atau ulang tahun. Tetapi pada hari ini tempat itu adalah tempat partai politik baru yang disebut, cukup tepat, Orang Baru.

Rakyat Baru menjanjikan pertumbuhan pendapatan bagi pemilih, persamaan hak, layanan kesehatan dan banyak perubahan lain yang lebih baik, dan memposisikan dirinya sebagai partai untuk orang-orang yang ingin maju, bukan mundur.

Memang benar bahwa para peserta kongres, mulai dari pimpinan partai hingga kandidat, sama sekali tidak mirip dengan anggota Rusia Bersatu. Pertama, banyak anak muda. Kedua, mereka berpenampilan bagus: pakaian modern, rambut bergaya, senyum ramah. Beberapa dari mereka mengenakan pakaian berwarna hijau mint, warna khas Orang Baru, dipilih karena merupakan warna awet muda, energi dan tentu saja kekayaan. Lagi pula, itu adalah warna uang dolar.

Semua ini sangat kontras dengan kongres partai-partai yang lebih tua, di mana orang-orang tua yang sama – dalam segala hal – duduk dengan kaku dalam setelan jas berwarna gelap yang mahal.

Svetlana Shenkel / KOLAM RENANG / TASS

Salah satu “orang baru” terpenting adalah Sardana Avksentieva, pemimpin nomor dua di partai. Dia juga mengenakan pakaian hijau mint: celana hijau, atasan putih, dan jaket putih yang dihiasi bros.

Jika Anda tinggal di tempat lain saat ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini layak disebut. Ini karena ini mewakili beberapa terobosan di Rusia saat ini. Pertama, seorang wanita adalah salah satu pemimpin partai ketika hanya sedikit wanita yang memegang posisi tertinggi dalam politik Rusia. Wanita bekerja di pemerintahan dan menjadi manajer perusahaan, tetapi hanya sedikit wanita yang menjadi politisi publik dan berbicara tentang masalah yang rumit. Mereka yang biasanya tidak tampak ramah. Nyatanya, ada tipikal “lady bureaucrat”: setelan gelap yang dikancingkan ke atas, gaya rambut kuno, dan ekspresi tegas. Perempuan dalam dunia politik tampak lebih tangguh dibandingkan laki-laki. Dan mereka memakai perhiasan yang lebih mahal lagi.

Ada alasan untuk ini. Di Rusia, orang masih percaya bahwa seorang pemimpin dan politisi publik dengan jabatan tinggi harus menyampaikan kekuasaan, status, dan keseriusan. Menunjukkan empati, kebaikan dan toleransi dianggap sebagai manifestasi dari kelemahan.

Tapi Avksentieva tidak takut menjadi manusia — atau terlihat seperti manusia.

Walikota Yakutsk
Instagram

Sardana Avksentieva berusia 51 tahun. Ia menjadi terkenal di seluruh Rusia pada tahun 2018 ketika ia mengalahkan kandidat dari Rusia Bersatu dalam pemilihan walikota di Yakutsk, salah satu dari sedikit kota di Rusia yang masih mengadakan pemilihan walikota secara langsung. Dia segera menjadi terkenal karena pekerjaannya, terutama dalam mengurangi anggaran pemerintah kota – tindakan yang jarang dilakukan oleh seorang pejabat Rusia. Dia bahkan mengumumkan penjualan Balai Kota untuk menghemat uang.

Pada tahun 2020, Avksentieva menjadi satu-satunya walikota di sebuah kota besar di Rusia yang memberikan suara menentang amandemen Konstitusi yang mencakup “penghentian” masa jabatan presiden Putin dan memungkinkannya mencalonkan diri kembali. Pada musim semi tahun 2019, ketika terjadi protes di Yakutsk atas kejahatan yang dilakukan oleh seorang migran dari Kyrgyzstan, Avksentieva mampu menenangkan semua orang saat bertemu dengan banyak warga kota yang marah. Mereka mendengarkannya dan bertepuk tangan untuknya.

Saat menjadi walikota, Avksentieva tidak terlihat seperti seorang “pejabat”, melainkan seperti wanita biasa pada usia, pendidikan, dan status sosialnya. Pakaiannya cukup demokratis dan dirancang secara moderat. Dia mengenakan jas serta gaun, warna-warna cerah, kain bermotif, dan elemen pakaian tradisional Yakutsk. Namun dia tidak mengenakan pakaian bermerek dan mahal yang biasanya menunjukkan bahwa walikota – atau pejabat lainnya – berasal dari kelas sosial yang sangat berbeda dari para pemilih.

Atas perkenan Layanan Pers Orang Baru

Sekarang dia berada di tingkat federal, dia mulai terlihat sedikit berbeda. Misalnya, dia sering memakai jaket dan warna terang dan hampir tidak pernah memakai motif, yang di Rusia dianggap menunjukkan kesembronoan. Dia tidak menyembunyikan fakta bahwa dia memiliki penasihat di partainya, termasuk konsultan citra. Namun dia mengatakan bahwa dia sendiri yang membuat semua keputusan tentang apa yang akan dikenakan.

Dengan atau tanpa konsultan, dia sekarang terlihat seperti politisi profesional yang siap berbicara dengan orang. Tentu saja, belajar berpakaian bagus tidak sama dengan menjadi pemimpin yang baik. Tapi mungkin itu awal.

By gacor88