Opera Andrei Tarkovsky “Boris Godunov” di St. Petersburg

Pada tahun 1983, sutradara film Andrei Tarkovsky diundang oleh Royal Opera House (ROH), Covent Garden, untuk mementaskan produksi opera “Boris Godunov”, yang disusun oleh Mussorgsky yang Sederhana. Setelah kematian Tarkovsky dan perubahan kebijakan budaya di Uni Soviet, produksi Covent Garden dibawa ke Teater Mariinsky pada tahun 1990. Pada tahun 2006, Mariinsky menghidupkannya kembali, meskipun dengan beberapa perubahan, dan tahun ini menghidupkan kembali produksi ini di atas panggung.

Produksi opera juga berumur panjang di London. Irina Brown, yang membantu Tarkovsky dengan Stephen Lawless ketika dia mengarahkan opera pada tahun 1983, mementaskan – bersama-sama dan terpisah – empat kebangunan rohani di Covent Garden.

Mikhail Vilchuk © Teater Mariinsky

Produksi pertama di London

Pada tahun 1983, Brown bekerja dengan grup opera kecil di pinggiran London. Salah satu bengkelnya dihadiri oleh kepala staf direktur ROH, dan segera setelah dia mendapat telepon darinya menanyakan apakah dia tertarik untuk menjadi asisten direktur kedua pada produksi baru “Boris Godunov.” Ketika dia mengetahui bahwa itu akan disutradarai oleh Andrei Tarkovsky, dia menjawab ya tanpa ragu sedikit pun. Kondektur Claudio Abbado memiliki ide untuk mengundang Tarkovsky dan mendapat dukungan antusias dari Sir John Tooley, kepala Gedung Opera.

Opera tersebut menceritakan kisah Boris Godunov, yang dimahkotai setelah kematian Tsar Fyodor muda. Tetapi pemerintahan Godunov dan nasib negara terancam ketika seorang biarawan Rusia yang melarikan diri ke Polandia ingin naik takhta sebagai Dmitri, adik tiri Tsar Fyodor. Dmitri dibunuh atas perintah Godunov. Di akhir opera, Godunov meninggal, marah karena rasa bersalah, saat tentara Polandia berbaris di Moskow dan seorang “orang bodoh” menangis di alun-alun atas nasib tragis Rusia.

Ini adalah produksi opera pertama Tarkovsky. Dia membawa visinya tentang Rusia, sejarah berdarah, dan orang-orang yang telah lama menderita ke dalam proyek tersebut. Tapi interpretasi Tarkovsky bukanlah interpretasi politik yang terang-terangan. Dia fokus pada pemeriksaan hati nurani Boris, tersiksa oleh pembunuhan seorang anak tak berdosa, yang menghantui Boris di sepanjang cerita, dan pada kematian orang Rusia yang tidak berarti yang diratapi oleh “orang bodoh yang suci”. Imajinasi pembuat film Tarkovsky memungkinkan dia untuk membuat kerangka visual yang kaya dan rumit untuk cerita tersebut dengan bantuan desainer pencahayaan Robert Bryant, yang menggunakan pencahayaan chiaroscuro pada set cadangan Nicolas Dvigoubsky dan kostum berwarna kaya rasa misteri.

Brown mengenang bahwa kru terinspirasi oleh ide-ide Tarkovsky, “meskipun terkadang apa yang dia coba capai di atas panggung tampaknya tidak mungkin. Misalnya, Andrei bertekad untuk melakukan potongan sinematik dari adegan penobatan yang mewah dan ramai (di mana Boris dimahkotai) langsung ke adegan sel Pimen (di mana biksu muda yang akan memerankan Dmitri mengetahui pembunuhan bocah itu) tanpa ada perubahan pemandangan. Itu adalah tugas yang hampir mustahil untuk membuat 150 orang yang tersebar di lokasi syuting menghilang tanpa menurunkan tirai. Tapi mereka melakukannya, dan penonton kagum saat adegan penobatan yang terang benderang segera digantikan oleh panggung kosong yang remang-remang dengan sosok tunggal Pimen yang bergerak perlahan menuruni jalan, mengambil ruang yang persis sama di mana kerumunan penobatan berada. . menggiling sekitar detik sebelumnya.

Mikhail Vilchuk © Teater Mariinsky

“Andrei tepat, detail, dan murah hati dalam instruksinya kepada kami dan para pemain,” kata Brown. “Andrei sangat tertarik untuk menciptakan adegan individu kecil di dalam kerumunan, memilih anggota paduan suara individu untuk fokus di sana-sini pada momen tertentu.”

Suatu hari departemen alat peraga ROH menurunkan beberapa benda yang telah digunakan dalam produksi Boris Godunov sebelumnya pada tahun 1954, disutradarai oleh Peter Brook. Di antara mereka ada bola dunia yang sangat besar yang dimaksudkan untuk adegan di mana Fyodor muda mempelajari peta Rusia. Tidak diperlukan bola dunia dalam produksi Tarkovsky, karena seluruh jalan tengah diselimuti peta besar Rusia yang seperti karpet tempat Fyodor merangkak sambil bernyanyi. Tapi Tarkovsky memiliki penyangga tua yang disepuh dan digantung sebagai pendulum raksasa, gambaran takdir hanya muncul di akhir adegan pembibitan setelah suara lonceng Kremlin, dan kemudian di adegan kematian, dan saat-saat terakhir kehidupan Boris sedang dihitung. turun. .

Latihan adegan pembibitan di Opéra Monte Carlo, 2006, disutradarai oleh Irina Brown
Arsip Irina Brown

Kebangkitan di st

Robert Lloyd, yang menyanyikan lagu Boris dalam versi asli Tarkovsky, mengulangi perannya di Mariinsky pada tahun 1990. “Ketika Robert Lloyd tiba untuk latihan pertamanya pada tahun 1990, beberapa minggu sebelum pemutaran perdana, dia akan menjadi bass asing pertama. menyanyikan bagian Boris di Mariinsky. Jika itu tidak membuatnya gugup, dia akan berlatih adegan kematian pada pukul 10:00 – bukan sesuatu yang ingin dilakukan bass mana pun.” Seluruh pemeran Mariinsky hadir di auditorium, sangat ingin mendengar apa yang ditawarkan orang Inggris ini. Dan Lloyd tidak mengecewakan. Perusahaan Mariinsky memberinya tepuk tangan meriah, tidak hanya untuk nyanyian dan aktingnya, tetapi juga untuk bahasa Rusia-nya yang sempurna.

Opera difilmkan di Teater Mariinsky pada tahun 1990, meskipun terang dan gelap, yang begitu dramatis di atas panggung, harus diubah menjadi televisi. “Ada banyak chiaroscuro di pencahayaan panggung, yang terlalu gelap untuk siaran TV. Penyesuaian tertentu dibuat untuk mengadaptasinya untuk siaran. Tidak ada mis-en-scene yang diubah. Tapi tingkat pencahayaan telah ditingkatkan… (sama saja) apa yang Anda lihat di film ini mendekati produksi Mariinsky tahun 1990.”

Sekarang sudah 38 tahun sejak karya asli Tarkovsky dipertunjukkan di Covent Garden, 31 tahun sejak versi Tarkovsky dipertunjukkan di Mariinsky, dan 15 tahun sejak kebangkitan pertama tahun 2006, disutradarai oleh Irkin Gabitov. Meskipun garis besar arah Tarkovsky dipertahankan, produksi Mariinsky kehilangan sebagian dari kekuatan dan vitalitas aslinya. Tapi itu tetap menjadi satu-satunya kebangkitan karya asli Tarkovsky yang saat ini sedang dipertunjukkan di atas panggung di Rusia dan karena alasan itu pantas untuk dilihat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Teater Mariinsky dan produksi ini, lihat situs web mereka dalam bahasa Inggris Di Sini.

slot demo

By gacor88