Migrasi Rusia mengguncang perekonomian dan masyarakat Armenia

YEREVAN, Armenia – Igor mendarat di Bandara Zvartnots Yerevan dari Moskow pada hari Selasa, belum pulih dari keputusan spontannya untuk melarikan diri dari mobilisasi negaranya.

“Saya salah satu dari mereka yang membayar harga tiket sangat tinggi, sekitar $2.000,” kata Igor, 30, yang meminta tidak disebutkan namanya untuk berbicara dengan bebas.

“Tapi kemudian tiketnya menjadi lebih mahal. Misalnya, teman saya membeli satu seharga $5.000 dan akan tiba besok. Setelah dia tiba di sini, kami akan memikirkan apa yang harus dilakukan. Kami memutuskan dengan sangat cepat dan baru saja datang.”

Igor adalah satu dari puluhan ribu orang dari seluruh Rusia yang melarikan diri ke negara Kaukasus Selatan ini dalam beberapa hari terakhir untuk menghindari dimobilisasi dan dikirim untuk berperang di Ukraina.

Gelombang warga Rusia yang lolos dari rancangan undang-undang tersebut tampaknya akan berdampak signifikan terhadap Armenia, yang, dengan populasi sekitar 3 juta jiwa, telah sangat terkena dampak masuknya sebagian besar warga kelas menengah perkotaan Rusia. Pendatang baru ini memicu kenaikan harga rumah dan inflasi dan pada saat yang sama menyebabkan ledakan ekonomi kecil-kecilan.

Volodya (35) terbang ke Yerevan dengan pesawat yang sama dengan Igor. Meskipun dia tiba untuk liburan yang telah direncanakan sejak lama, dia mengatakan dia tidak yakin apakah dia akan kembali ke Rusia.

“Saya di sini bersama istri dan anak-anak saya hanya sebagai turis. Saya berencana untuk tinggal di Armenia selama dua minggu. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi setelah itu,” katanya.

“Saya tidak ingin perang; Saya tidak ingin berkelahi. Satu-satunya impian saya adalah perdamaian, saya tidak ingin orang mati di negara mana pun.”

Meskipun tidak ada jumlah pasti orang Rusia yang tiba di Armenia sejak Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi tersebut pekan lalu, lebih dari 20 penerbangan dari Rusia tiba di Yerevan setiap hari – tidak hanya dari Moskow dan St. Petersburg. Petersburg, tetapi juga kota-kota di Rusia selatan seperti Sochi dan Mineralnye Vody.

Yerevan, Armenia.
Anthony Surace / flickr (CC BY-NC-ND 2.0)

Menurut angka resmi, lebih dari 30.000 orang Rusia telah melintasi perbatasan ke negara tetangga Georgia dan setidaknya 98.000 ke Kazakhstan di Asia Tengah sejak 21 September.

Dan eksodus yang terjadi saat ini tampaknya akan lebih kecil dibandingkan eksodus yang terjadi pada awal perang, ketika puluhan ribu orang mengungsi karena takut akan kemungkinan darurat militer, represi politik, masalah ekonomi, dan isolasi internasional.

Sebanyak 372.086 orang Rusia tiba di Armenia dalam enam bulan pertama tahun ini, menurut angka resmi Armenia, naik dari 156.496 orang pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Walaupun banyak dari orang-orang ini yang tidak menetap, seringkali pindah ke negara tujuan di Eropa atau kembali ke Rusia, mereka telah mengubah perekonomian dan masyarakat negara tersebut.

Salah satu dampak langsung yang dirasakan warga Armenia adalah kenaikan harga properti yang pesat, terutama di Yerevan, yang menyebabkan penggusuran dan memaksa kelompok berpendapatan rendah keluar dari kawasan pusat yang paling populer di kalangan pendatang Rusia.

Sudah di bulan Maret, harga tahunan untuk membeli satu meter persegi real estate di pusat kota Yerevan naik sebesar 20%. Harga sewa juga meroket sejak saat itu.

Meskipun inflasi harga konsumen yang diperburuk oleh pendatang baru kemungkinan akan mereda setelah pasokan memenuhi permintaan, inflasi perumahan adalah masalah yang rumit, menurut ekonom dan pengusaha Samson Grigoryan.

“Tidak ada perbaikan yang cepat,” katanya. “Mendapatkan stok rumah baru memakan waktu.”

Yerevan, Armenia.
Anthony Surace / flickr (CC BY-NC-ND 2.0)

Kota Gyumri di utara, yang merupakan tujuan umum lainnya bagi orang Rusia, juga terkena dampak kenaikan harga.

“Saya seorang pemrogram. Setengah tahun yang lalu, seluruh perusahaan kami pindah ke Yerevan, Armenia. Awalnya, majikan kami menyewakan apartemen kepada kami, namun sudah sebulan sejak klausul kontrak tersebut berakhir dan kami harus mengurus kebutuhan kami sendiri. Itu sebabnya saya pindah ke Gyumri,” kata Natalya (25) dari kota Perm, Rusia tengah.

“Ini adalah kota yang penuh warna dan… kehidupan di sini relatif terjangkau,” tambahnya.

Inflasi di sektor real estate Gyumri merupakan masalah awal tahun ini, namun sebagian besar telah terkendali, menurut Lisa Gasparyan, pakar pariwisata Gyumri.

“Kota ini kedatangan tamu dari Rusia, Belarusia, dan Ukraina. Kami cinta damai. Kami akan menyambut semua orang, biarkan ada perdamaian,” katanya kepada The Moscow Times.

Pada saat yang sama, kedatangan puluhan ribu orang Rusia, yang seringkali memiliki pendapatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan penduduk lokal, berkontribusi pada ledakan ekonomi di seluruh Armenia.

Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (EBRD) pekan lalu merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi Armenia tahun ini dari 4,5% menjadi 8%, mencatat bahwa PDB meningkat sebesar 13,1% dalam enam bulan pertama tahun 2022.

“Dampak negatif dari paparan negara yang tinggi, melalui perdagangan, pengiriman uang dan investasi asing langsung, hingga ekonomi Rusia yang terkena sanksi, tidak sebanding dengan kedatangan banyak orang dan dunia usaha dari Rusia,” kata EBRD dalam prospek ekonomi lokalnya. laporan.

Igor, yang melarikan diri dari mobilisasi dan tiba di Yerevan setelah membayar $2.000 untuk sebuah tiket, belum tahu di Armenia mana dia akan menetap. Namun sebagai seorang insinyur yang terlatih, dia mengatakan bahwa teman-temannya mengatakan kepadanya bahwa dia akan bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Para emigran Rusia ke Armenia punya yang baru bar, kafesekolah dan outlet media. Meskipun terkonsentrasi di Yerevan dan Gyumri, terdapat juga komunitas Rusia di kota resor pegunungan Dilijan dan kota terbesar ketiga di Armenia, Vanadzor.

“Setiap masuknya manusia juga berkontribusi terhadap pembangunan daerah,” kata Grigoryan.

“Karena Yerevan tidak terbuat dari karet, maka tidak dapat menampung semua orang.”


sbobetsbobet88judi bola

By gacor88