Gambar Satelit Menunjukkan Peningkatan Militer Rusia di Arktik – CNN

Rusia sedang membangun pangkalan militer dan menguji senjata canggih di garis pantai Arktik untuk mengamankan perbatasan utaranya dan pencairan es membuka rute pelayaran yang didambakan, CNN dilaporkan Senin.

Rusia, salah satu dari lima negara pengklaim Arktik di wilayah tersebut, telah memperkuat kehadiran militernya di Arktik dengan pangkalan-pangkalan dan lapangan terbang baru dan ditingkatkan yang telah ditinggalkan sejak akhir era Soviet.

Citra satelit menunjukkan dua stasiun radar baru di sekitar Provideniya dan Pulau Wrangel di seberang Alaska, serta pasukan peringatan respons cepat di kota pelabuhan Anadyr di Timur Jauh, CNN melaporkan.

Di Arktik bagian timur, gambar yang disediakan oleh perusahaan teknologi luar angkasa Maxar menunjukkan landasan udara di Pulau Kotelny yang terpencil, bagian dari Kepulauan Siberia Baru.

Lebih jauh ke barat, mereka menunjukkan sebuah lapangan terbang di pangkalan militer paling utara Rusia di Nagurskoe, pangkalan udara Rogachevo dan fasilitas penyimpanan Olenya Guba, yang perlahan-lahan sedang dibangun untuk drone Poseidon bertenaga nuklir bawah air tak berawak.

MT

Pelaporan sebelumnya menunjukkan bahwa Rusia sedang mempersiapkan pangkalan pantai untuk Poseidon, 30 di antaranya diperkirakan akan dikerahkan di Armada Utara Angkatan Laut Rusia bersama dengan dua di Armada Pasifiknya.

Amerika Serikat memandang pembangunan Arktik yang dilakukan Rusia – meskipun merupakan bagian dari pertahanan sah perbatasannya – sebagai “tantangan militer,” lapor CNN, mengutip seorang pejabat Departemen Luar Negeri yang tidak disebutkan namanya.

Pencairan (es) bergerak lebih cepat dari perkiraan atau perkiraan para ilmuwan beberapa tahun lalu,kata pejabat itu. “Ini akan menjadi transformasi dramatis dalam beberapa dekade mendatang dalam hal akses fisik.”

Pentagon dikatakan Pada hari Senin, AS sedang mengamati perkembangan Rusia di Arktik dengan sangat cermat.

Kami memiliki kepentingan keamanan nasional di sana,kata juru bicara John Kirby pada sebuah pengarahan. “Tidak ada seorang pun yang tertarik melihat Arktik dimiliterisasi.”

Pejabat Pentagon juga menyatakan keprihatinannya mengenai upaya Rusia untuk menerapkan peraturannya di Rute Laut Utara, jalur pelayaran Arktik yang baru dibuka yang dianggap sebagai alternatif dari Terusan Suez, CNN melaporkan, mengutip juru bicaranya. Letnan Kol. Thomas Campbell.

Undang-undang Rusia yang mengatur transit NSR melebihi kewenangan Rusia berdasarkan hukum internasional,Kata Campbell merujuk pada persyaratan kapal harus memiliki pilot Rusia sebagai pemandu dan upaya mewajibkan kapal asing mendapatkan izin sebelum memasuki jalur tersebut.

Upaya Barat untuk meningkatkan kehadiran militernya di Arktik termasuk pengerahan pesawat pengebom strategis AS ke Norwegia tahun ini dan pengerahan pertama kapal induk AS sejak tahun 1980-an pada tahun 2018.

Pada tanggal 20 Maret, militer Rusia melancarkan manuver besar-besaran di Arktik di dekat Alexandra Land, bagian dari kepulauan Franz Josef Land, yang diperkirakan akan mencakup lebih dari 40 latihan terpisah.

akun demo slot

By gacor88