Berita dari Rusia: Apa yang Anda lewatkan selama akhir pekan

Pembicaraan keselamatan

Seorang pejabat tinggi Rusia mengatakan dia mengalami pembicaraan yang “sulit” dengan rekannya dari Amerika pada hari Minggu ketika pembicaraan awal mengenai Ukraina sedang berlangsung di tengah kekhawatiran akan serangan Rusia ke negara tetangganya yang pro-Barat.

Amerika Serikat dan Rusia telah menetapkan garis tegas menjelang perundingan keamanan Ukraina yang berisiko tinggi, dengan Washington memperingatkan risiko konfrontasi dan Moskow mengesampingkan konsesi. Pembicaraan sehari penuh akan dilanjutkan pada hari Senin.

Kerusuhan Kazakstan

Rusia mengevakuasi hampir 1.500 warganya dari Kazakhstan, dikatakan Kementerian Pertahanan Moskow, yang memimpin aliansi militer regional yang dikerahkan untuk memadamkan protes anti-pemerintah di bekas republik Soviet di Asia Tengah.

Kementerian Dalam Negeri Kazakhstan mengatakan hampir 8.000 orang telah ditahan setelah kerusuhan selama seminggu. Kementerian Penerangannya awalnya melaporkan – sebelum mencabut pernyataannya – bahwa 164 orang di seluruh negeri tewas dalam kekerasan tersebut.

Almaty, Kazakstan.
Valery Syarifulin / TASS

Berdagang dengan duri

AS dan Rusia saling melontarkan kecaman atas pengerahan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Rusia ke Kazakhstan, yang diharapkan oleh otoritas misi “penjaga perdamaian” mereka. matikan dalam satu minggu.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berkata:Salah satu pelajaran dari sejarah saat ini adalah bahwa begitu orang Rusia berada di rumah Anda, terkadang sangat sulit untuk membuat mereka pergi.

Kementerian Luar Negeri Rusia memukul kembali dengan mengacu pada invasi AS sebelumnya ke negara-negara lain, yang mengatakan “ketika orang Amerika berada di rumah Anda, akan sulit untuk tetap hidup, tidak dirampok atau diperkosa.”

‘Pintu Gerbang ke Neraka’

Pemimpin kuat Turkmenistan memerintahkan para ahli untuk menemukan cara untuk akhirnya matikan kebakaran besar yang terjadi selama lima dekade di kawah gas alam raksasa di negara Asia Tengah, yang dijuluki sebagai “pintu gerbang menuju neraka”.

Mengutip keprihatinan lingkungan dan ekonomi, Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov muncul di televisi pemerintah pada hari Sabtu dan memerintahkan para pejabat untuk memadamkan api di kawah gas Darvaza di tengah gurun Karakum yang luas.

Kawah gas Darvaza.
Tormod Sandtorv (CC BY-SA 2.0)

Natal Ortodoks

Umat ​​​​Kristen Ortodoks merayakan Natal pada hari Jumat, 7 Januari dengan Patriark Kirill menjadi kepala Gereja Ortodoks Rusia. layanan tengah malam di Katedral Kristus Juru Selamat di Moskow.

Presiden Vladimir Putin menghadiri kebaktian di Gereja Gambar Juru Selamat yang Dibuat Tanpa Tangan di Novo-Ogaryovo, kediamannya di luar Moskow, tempat ia menghabiskan sebagian besar waktunya sejak awal pandemi.

AFP melaporkan.


sbobet mobile

By gacor88