Berita dari Rusia: Apa yang Anda lewatkan selama akhir pekan

Belarusia di tepi jurang

Polisi di Belarus membubarkan kerumunan pengunjuk rasa dengan granat kejut dan peluru karet saat pemimpin lama Alexander Lukashenko tampaknya akan mengumumkan kemenangan luar biasa dalam pemilihan presiden yang menurut lawan-lawannya telah dicurangi.

Ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di ibu kota Minsk dan kota-kota lain setelah jajak pendapat negara menunjukkan Lukashenko menang di bawah 80% dalam pemilihan hari Minggu, dengan penantang utama Svetlana Tikhanovskaya berada di urutan kedua dengan sekitar 7%.

Gedung-gedung pemerintah di Minsk ditutup, penduduk melaporkan pemadaman internet dan masalah koneksi yang meluas, dan unggahan media sosial menunjukkan barisan kendaraan militer di jalan menuju ibu kota.

Setidaknya satu pengunjuk rasa tewas dalam penumpasan itu dan puluhan lainnya dirawat di rumah sakit karena cedera, kata kelompok hak asasi manusia Viasna dikatakan.

Minggu kelima protes

Puluhan ribu orang turun ke jalan Rusia Timur Jauh untuk akhir pekan kelima berturut-turut, ketika aksi unjuk rasa anti-Kremlin yang dipicu oleh penangkapan seorang gubernur populer menunjukkan sedikit tanda mereda pada hari Sabtu.

Pihak berwenang di kota-kota termasuk Moskow, St. Petersburg dan Omsk dihukum setidaknya 31 pendukung pengunjuk rasa di Khabarovsk, sebuah kota berpenduduk sekitar 600.000 orang di perbatasan dengan China.

Igor Volkov / AP / TASS

Kemiskinan menjadi kekayaan

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov memiliki menyatakan pendapatan sebesar 148 juta rubel ($2 juta) yang diperoleh pada tahun 2019, hampir 20 kali lipat dari jumlah yang dia nyatakan pada tahun sebelumnya.

Penghasilan istrinya Medni Kadyrova dilaporkan meningkat sebesar 4.000%.

Gunung menyelamatkan

Sekitar 3.000 penduduk republik Bashkortostan di Rusia tengah berkumpul di kaki bukit sebuah landmark alam lokal pada hari Minggu untuk protes berencana untuk mengubahnya untuk produksi batu kapur.

Protes pecah setelah perusahaan soda Bashkir mengirim peralatan penebangan ke Kushtau shihan (bukit) pekan lalu.

Berlian terbesar

Alrosa melakukannya diumumkan penemuan berlian berwarna alami terbesar di dunia di republik Sakha Timur Jauh Rusia.

Berlian kuning-coklat seberat 236 karat, berukuran 47x24x22 milimeter itu diperkirakan berusia antara 120 juta hingga 230 juta tahun.

AFP berkontribusi melaporkan artikel ini.

By gacor88