Berita dari Rusia: Apa yang Anda lewatkan selama akhir pekan

Omicron mendistribusikan

Rusia melaporkan a nomor rekor dari 57.212 infeksi virus corona baru pada hari Sabtu, kemudian mengalahkan rekor itu dengan 63.205 infeksi baru pada hari Minggu, karena varian Omicron terus menyebar dengan cepat ke seluruh negeri.

Moskow, pusat wabah Rusia, mencetak rekor baru untuk hari keempat berturut-turut dengan 17.528 kasus Covid-19.

Sebanyak 681 dan 679 kematian tercatat selama akhir pekan.

Aktivis “teroris”.

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov terancam keluarga pengacara “teroris” dan aktivis anti-penyiksaan Abubakar Yangulbaev – yang ibunya dibawa ke Chechnya setelah dia ditahan dengan kejam di Rusia barat minggu lalu – dengan “penjara atau penguburan”.

Ayah Yangulbaev, seorang pensiunan hakim, dan saudara perempuannya melarikan diri dari Rusia pada hari Minggu setelah ibunya, Zarema Musaeva, ditahan dengan surat perintah untuk hadir sebagai saksi dalam kasus penipuan.

Dalam postingan lain di media sosial, Kadyrov juga mencirikan jurnalis independen Yelena Milashina dan kepala LSM Komite Menentang Penyiksaan Rusia Igor Kalyapin sebagai “teroris.”

Ramzan Kadyrov, kepala Republik Chechnya.
Elena Afonina / TASS

“Pemimpin Pro-Rusia”

Rusia pada hari Sabtu menolak klaim Inggris bahwa Moskow “ingin memasang a pemimpin pro-Rusia di Kiev” di tengah kekhawatiran akan invasi Rusia ke Ukraina.

Ukraina mengatakan pada hari Minggu akan terus melawan individu dan entitas pro-Rusia yang bertujuan untuk mengacaukan Ukraina menyusul tuduhan Inggris.

Terlepas dari tuduhan yang bersaing, menteri pertahanan dan luar negeri Inggris dilaporkan bersiap untuk bertemu dengan rekan-rekan Rusia mereka mengenai krisis Ukraina.

Jerman diserang

Pemerintah baru Jerman menemukan dirinya sendiri berebut selama akhir pekan untuk meyakinkan Ukraina akan dukungannya, setelah pernyataan pro-Moskow dari kepala angkatan laut Jerman membuat marah Kiev dan semakin kecewa pada pertahanan Berlin dalam krisis Ukraina.

Kepala Angkatan Laut Jerman Kay-Achim Schoenbach mengundurkan diri Sabtu malam setelah mengatakan “omong kosong” untuk berpikir Rusia akan bergerak melawan Ukraina dan bahwa Presiden Vladimir Putin pantas dihormati.

Di Kiev, Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba memanggil duta besar Jerman dan menuduh Jerman “mendorong” Putin untuk menyerang Ukraina.

Kay-Achim Schoenbach.
Marineversteher (CC BY-SA 4.0)

Presidensi “seremonial”.

Presiden Armenia Armen Sarkisian mengumumkan pada hari Minggu bahwa dia mengundurkan diri dari posisi seremonialnya, dengan alasan ketidakmampuan kantornya untuk mempengaruhi kebijakan selama masa krisis nasional.

Pengumuman itu muncul di belakang periode ketidakstabilan di bekas negara Kaukasus Soviet yang kecil dan berjuang secara ekonomi setelah perang dengan saingan lamanya Azerbaijan.

AFP melaporkan.

Singapore Prize

By gacor88