Alexei Jerman Jr.  ‘House Arrest’ muncul di layar lebar di Rusia

“House Arrest” karya Alexei German Jr., yang tayang perdana di Festival Film Cannes ke-74, baru saja dibuka di bioskop Rusia.

Dibandingkan dengan film berlapis-lapis sutradara sebelumnya – dari drama berpasir seperti “The Last Train” dan “Garpastum” hingga film berskala besar “Under Electric Clouds” – “House Arrest” cukup sederhana dan lugas. Aksi tersebut terjadi hampir seluruhnya di satu apartemen, di suatu tempat di provinsi Rusia, dan merupakan kisah seorang akademisi paruh baya bernama David (Merab Ninidze), seorang profesor sastra Rusia dan pakar Zaman Perak, yang dituduh secara salah. . penggelapan dana yang dimaksudkan untuk membiayai konferensi akademik internasional. Padahal, dia baru saja menggambar karikatur Wali Kota yang sedang berhubungan seks dengan burung unta.

Penonton di Rusia mungkin teringat akan kejadian serupa, mulai dari tuduhan penggelapan yang diajukan terhadap sutradara Kirill Serebrennikov, yang menghabiskan 18 bulan dalam tahanan rumah, hingga puluhan kasus tahanan rumah bagi aktivis politik – belum lagi jutaan orang yang dikurung atau dikurung. karantina karena Covid. Kutipan dari “The Flies” karya Jean-Paul Sartre yang membuka film tersebut tampaknya cocok untuk situasi David dan juga bagi kita yang selamat dari pandemi, karantina, dan tahanan rumah: “Kehidupan dimulai dari sisi lain keputusasaan.”

Alexei German Jr., yang ayahnya adalah seorang sutradara film terkenal Soviet dan ibunya seorang penulis skenario, selalu menaruh simpati khusus kepada para intelektual yang menentang pandangan massa. Seiring berjalannya cerita, orang-orang yang ingin membungkamnya menjadi semakin agresif. Awalnya mereka hanya mengadakan demonstrasi pura-pura di depan rumah David. Kemudian, mereka masuk ke apartemennya, memukulinya sambil mencoba menggorok lehernya – semuanya berujung pada akhir yang tak terduga.

Kami bertemu dengan Alexei German Jr. berbicara setelah pemutaran perdana “House Arrest” di Festival Film Cannes.

Perawat (Svetlana Khodchenkova); David (Merab Ninidze), dan penyelidik (Alexander Pal)
Tangkapan layar “Penahanan Rumah”

Anda sebuah film yang dibuat dari naskah lama. Berapa banyak Anda menyesuaikannya? setelah kejadian baru-baru ini?

Saya menulis naskahnya sekitar enam tahun lalu. Ceritanya tetap tidak berubah, meskipun saya mungkin telah memperluas beberapa dialog. Hal ini tidak didasarkan pada kejadian baru-baru ini, tetapi pemikiran bertahun-tahun tentang moralitas yang melekat dalam masyarakat. Film saya bukan tentang Kirill Serebrennikov. Hal ini terjadi pada beberapa teman dekat saya, dan saya ingin berbagi pengalaman mereka.

Film saya adalah kisah seorang idealis yang tinggal di sebuah kota provinsi kecil di mana, karena kebodohannya, situasi tragis dimulai dan kehidupan hancur. Di sisi lain, ini membebaskan protagonis saya dari ilusi dan membentuknya kembali dengan cara baru.

Apa atau siapa yang membuat Anda berpikir tentang adat istiadat dan moralitas masyarakat?

Setiap hari kita membuka surat kabar dan membaca bahwa ada walikota yang ditangkap atau sedang diselidiki dan seterusnya. Korupsi bukanlah topik terlarang di Rusia… dan di film saya tidak membicarakan apapun yang tidak ada dalam berita setiap hari. Di dalam negeri, ada suasana sebelum perang, seolah-olah tirai besi baru sedang muncul baik dari Rusia maupun Amerika Serikat. Ini meningkatkan ketegangan. Ketidakstabilan ini menyebabkan orang menjadi lebih sensitif dan tidak rasional.

Bagaimana Anda bisa menyampaikan tahanan rumah ini dengan begitu realistis?

Ini adalah fiksi yang kami buat berdasarkan logika. Kita hidup di dunia di mana segala sesuatu mungkin terjadi di negara mana pun di dunia. Anda dapat dipecat dari pekerjaan Anda karena menulis sesuatu di halaman Facebook Anda. Orang-orang yang tidak paham dengan situasi di Rusia merasa bahwa kengerian hanya terjadi di sana. Namun saya dapat meyakinkan Anda bahwa di mana pun, di seluruh dunia, masyarakat berbenturan dengan sistem dan masyarakat. Jadi ide saya lebih umum. Tinggal di Rusia tidak lebih menakutkan dibandingkan di negara lain.

mengapa Anda mengatakan bahwa Anda tidak berhasil film politik?

Karena film politik harus menegaskan sesuatu, menyatakan posisi tertentu seperti “Saya mendukung ini”. Apa yang menjelaskan film saya? Ini menunjukkan semua pendapat dari semua jenis orang di sekitar karakter utama, ini menunjukkan seseorang yang dituduh secara tidak adil yang menemukan dirinya dalam keadaan yang tragis. Film politik biasanya menggambarkan orang-orang jahat. Saya tidak punya orang jahat. David bukanlah seorang martir politik, namun seorang manusia biasa, didorong oleh egonya sendiri dan gagasan keadilan. Semua karakter saya berbeda dan hidup menurut logikanya masing-masing. Perawat tersebut takut dia akan dipecat dari pekerjaannya jika dia merawat seorang narapidana. Ibu David percaya bahwa cara Barat dan republik parlementer tidak berlaku di Rusia. Penyidik ​​khawatir kalau terjadi revolusi, semuanya akan berantakan dan darah mengalir. Yang paling penting, masing-masing sudut pandang ini ada di Rusia saat ini. Semua penonton memutuskan sendiri.

Alexander Pal sebagai penyelidik
Tangkapan layar “Penahanan Rumah”

Sampai batas tertentu, Diskusi karakter Anda seperti diskusi karakter terkenal di Sastra Rusia.

Sampai batas tertentu. Saya tidak secara khusus meminjam ide-ide ini dari sana. Hanya saja semua topik tersebut tidak membuahkan hasil, dan selain itu, tidak pernah ada jawaban atas “pertanyaan terkutuk Rusia” yang telah ditanyakan selama berabad-abad. Misalnya, pertanyaan besar mengenai jalur yang ditempuh Rusia: haruskah Rusia mengikuti model Barat atau jalurnya sendiri yang bersifat perbudakan? Pertanyaan-pertanyaan ini muncul pada abad ke-19 dan masih relevan hingga saat ini. Anda mungkin bertanya: Bagaimana perkembangan Rusia? Mungkin tidak, tapi mungkin ini adalah keadaan keseimbangan alami sistem Rusia, satu-satunya cara agar sistem tersebut bisa eksis. Konflik tokoh utama saya adalah konflik seorang idealis yang terjebak dalam realitas kutu bukunya. Pahlawan yang sama bisa saja muncul di zaman lain, hanya ucapan, perilaku, dan metode mereka yang berbeda.

Jadi apakah seorang intelektual harus dikorbankan? Apakah kinerjanya penting ketika sebagian besar gagasannya hanyalah ilusi?

Selalu ada korupsi di Rusia dan akan selalu ada korupsi di Rusia. Saya pikir ini adalah mentalitas rezim. Dan protagonis saya benar ketika dia bersikeras bahwa tidak perlu mencuri. Dia memiliki prinsip, hati nurani, dan menjaga martabatnya. Meski melalui cobaan berat, ia berhasil tetap menjadi pribadi yang baik. Bahkan beberapa khayalannya cukup manusiawi. David adalah orang yang simpatik dan kompleks yang mewakili pembangunan negaranya dengan cara tertentu. Apakah negara tersebut mengusulkan hal yang sama adalah masalah interpretasi.

link sbobet

By gacor88