Adegan Seni Moskow pada tahun 2021: Tahun Depan yang Spektakuler

Tahun 2020 bukanlah tahun yang baik bagi dunia seni. Di Rusia, seperti di tempat lain, tahun ini merupakan tahun yang penuh dengan penutupan, pembatalan, penundaan, kontrak yang rusak, kursi kotak-kotak, peralatan penggosok udara, artis dan staf yang terjangkit Covid, aturan isolasi diri, dan hilangnya nyawa serta pendapatan yang sangat besar.

Perencanaan seringkali tidak berguna. Seperti yang dikatakan Yelena Kovalskaya, direktur Meyerhold Center di Moskow kepada The Moscow Times: “Pada bulan Juli kami tidak tahu apa persyaratan Kantor Walikota dan Layanan Perlindungan Konsumen untuk bulan September, dan pada bulan September kami tidak tahu bagaimana situasinya. akan terjadi pada bulan Desember.”

Tahun 2021 dimulai dengan ketidakpastian yang sama. Namun ada harapan bahwa langkah-langkah dan vaksin yang ada saat ini akan membawa kita kembali ke keadaan normal pada akhir tahun ini, dan kombinasi keterampilan dan inovasi baru akan menjadikannya tahun yang lebih kaya dalam bidang seni dibandingkan perkiraan siapa pun sembilan bulan lalu.

Museum Isolasi Diri
Alexander Avilov / Kantor Berita Moskow

Baik atau buruk

“Pekerjaan museum dilakukan sesuai rencana,” kata Tatiana Utkevich, sekretaris ilmiah Galeri State Tretyakov, kepada The Moscow Times. “Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan dan kapan. Semua pameran dan proyek besar memiliki program pendidikan menyeluruh yang perlu dirancang jauh sebelumnya.”

Pada tahun-tahun normal, museum-museum besar negara menjadwalkan pameran besar hingga lima tahun sebelumnya. Pameran yang lebih kecil memerlukan persiapan setidaknya satu atau dua tahun. Di museum seperti Galeri State Tretyakov, yang memiliki banyak ruang pameran, hal ini melibatkan perencanaan puluhan pertunjukan sekaligus.

Museum Seni Rupa Negara Bagian Pushkin mengadakan sekitar 10 proyek pameran setiap tahun dengan karya-karya dari museum, perpustakaan, dan koleksi pribadi lain. Ini adalah sekitar sepertiga dari pameran tahunan mereka.

Pandemi ini membuat koordinasi dengan mitra-mitra di wilayah Rusia, yang beroperasi di bawah pembatasan selain Moskow, dan di luar negeri terkadang menjadi tidak mungkin. Seperti yang dikatakan Utkevich, mitra asing mereka “semuanya juga tutup. Negara mereka punya pembatasan Covid sendiri yang seringkali tidak sejalan dengan kita. Ketika kita siap, mereka tidak, atau sebaliknya…”

Dalam seni pertunjukan, teater-teater besar merencanakan jadwal mereka hingga dua musim sebelumnya dan membuat kontrak dengan pemain bintang hingga tiga tahun sebelumnya. Institusi yang lebih kecil menetapkan jadwal mereka setidaknya untuk enam bulan ke depan. Pada tahun 2020, jadwal rusak mati segera. “Di masa pandemi ini (artis asing) tidak bisa datang ke sini atau mereka takut,” Vladimir Urin, direktur Teater Bolshoi dikatakan.

Masalah lainnya adalah larangan kerja internal bagi artis, musisi, sutradara, dan staf lain yang berusia di atas 65 tahun. Dalam beberapa kasus, artis baru harus dipersiapkan untuk mendapatkan peran. Di Teater Gipsi Romawi tempat penyanyi dan penari berusia lanjut membintangi berbagai produksi, sutradara teater Natalya Romantsova mengatakan kepada The Moscow Times bahwa mereka harus membatalkan pertunjukan terpopuler mereka.

Aturan untuk menjaga kapasitas penonton 25% memaksa Meyerhold Center untuk sepenuhnya meninggalkan 12 pertunjukan karena pendapatan penonton yang kecil bahkan tidak dapat menutupi biaya pokok untuk pembukaan teater. Peristiwa berlangganan adalah masalah lainnya. Orang-orang membeli langganan pada musim gugur 2019 untuk musim 2019-2020. Dalam beberapa kasus, gedung konser membatalkan acara dan mengembalikan uang tersebut kepada pelanggan. Dalam kasus lain, balai mencoba menjadwal ulang. Misalnya, Tchaikovsky Hall mengumumkan bahwa konser berlangganan yang direncanakan pada 8 Januari telah dipindahkan ke tanggal di bulan September – mungkin cukup jauh menuju masa depan yang bebas pembatasan.

Dan yang terakhir, masih ada masalah dimana artis atau personel penting lainnya jatuh sakit. Sutradara teater Satyriсon Vladimir Kazachenko mengatakan kepada The Moscow Times: “Para aktor secara teratur menjalani tes Covid, ada mesin untuk mensirkulasi ulang udara di semua ruang produksi dan latihan. Sebelum pertunjukan, kami memeriksa suhu penonton sebelum mereka mengizinkan mereka masuk, untuk memastikan mereka tetap mengenakan masker, hanya menempati 25% dari aula, dan memastikan bahwa semua staf teater mengenakan masker dan sarung tangan. Kami juga telah mengirim sepertiga staf kami untuk bekerja dari rumah.”

Namun terlepas dari semua ini, mereka harus membatalkan tiga pertunjukan karena artisnya jatuh sakit. Satu-satunya hiburan adalah bahwa teater ini tampaknya memiliki rekor yang lebih baik daripada banyak teater lain di ibu kota.

Saat ini, institusi seni di Moskow beroperasi dengan batasan yang hampir sama dengan yang berlaku pada tahun 2020. Namun, mereka memiliki rencana besar untuk tahun 2021 — dan serangkaian keterampilan yang dipelajari dengan cepat serta program inovatif.

Sophia Sandurskaya / Kantor Berita Moskow

Menuai hasil panen budaya yang ditanam pada tahun 2020

Di banyak museum, pameran diperpanjang dan ada pula yang dipindahkan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Galeri State Tretyakov merayakan pembukaan kembali museum pada 16 Januari dengan tiga pertunjukan baru: Robert Falk, Alla Urban dan Alexander Benois serta dunia seni. Museum State Pushkin memiliki lusinan pertunjukan yang direncanakan dan hampir siap untuk ditayangkan, dimulai dengan pertunjukan besar karya seniman video Bill Viola yang akan dibuka pada bulan Maret. Museum ini melanjutkan perayaan para kolektor dengan memamerkan karya-karya koleksi Morozov bersaudara yang rencananya akan dibuka pada bulan Oktober.

Garage Museum of Contemporary Art mengadakan beberapa pertunjukan, termasuk Triennial Kedua Seni Kontemporer Rusia (sekarang hingga 28 Februari) dan akan membuka beberapa pertunjukan baru pada bulan Maret. Salah satunya, disebut Present Continuous, terinspirasi oleh proyek yang belum terealisasi pada tahun lalu. Ini akan menampilkan proyek-proyek yang tidak pernah dibuat, seperti ruang dansa yang dirancang oleh arsitek Igor Pyatkin untuk Taman Gorky; Proyek cahaya dan suara Francisco Infante-Arana untuk Lapangan Merah; dan kumpulan ide proyek seniman wanita dalam katalog Museum of Desire yang belum diterbitkan.

Museum AZ akan membuka pameran liburan selama sebulan, Kabar Gembira, karya Tatyana Chernova pada bulan Desember tepat ketika museum diperintahkan untuk ditutup. Itu akan tetap ada selama beberapa minggu lagi setelah museum dibuka kembali pada 15 Januari. Museum ini juga merencanakan dua pertunjukan besar tahun ini yang menampilkan karya-karya dari koleksi mereka sendiri, termasuk perayaan 90 tahun ulang tahun seniman Anatoly Zverev.

Museum Impresionisme Rusia mampu memperpanjang pertunjukan terobosan karya Sergei Vinogradov hingga 31 Maret.

Setiap museum, teater, ruang konser, dan ruang pameran menghabiskan waktu setahun untuk mempertajam kehadiran online mereka, memproduksi proyek online, video, podcast, masterclass zoom, konferensi, film, dan acara lainnya. Dalam banyak kasus, hal ini telah meningkatkan jumlah penontonnya secara eksponensial. Teater Gipsi Roma yang agak kecil menjangkau lebih dari 50.000 orang ketika perayaan Hari Roma Internasional dilakukan secara online. Museum Moskow, yang membuka pameran bertajuk VKHUTEMAS 100. Sekolah Avant-Garde tepat sebelum museum ditutup, telah mengadakan program online yang sangat besar Di Sini dan mengunggah setengah lusin film ke saluran Youtube mereka Di Sini untuk membahagiakan para pecinta seni hingga bisa mengunjungi pameran secara langsung.

Di atas panggung, penonton akan menikmati pemutaran perdana yang tertunda. Di Teater Bolshoi, sutradara Vladimir Urin dikatakan mereka diwajibkan untuk memperbaiki jadwal dan “hampir semua penayangan perdana yang dijadwalkan untuk paruh pertama musim (pada tahun 2020) dipindahkan ke tahun ini. Jadi, di tahun 2021 ini akan ada premiere setiap bulannya.”

Pada bulan Januari, “Les pêcheurs de perles” karya Georges Bizet akan dipentaskan di ruang Boris Pokrovsky dan pada bulan Februari – “Salome” karya Richard Strauss dengan libretto oleh Hedwig Lachmann berdasarkan drama oleh Oscar Wilde dan “Four Characters in Search of a plot” menunjukkan. ,” sebuah program balet satu babak, dipentaskan di panggung bersejarah.

Kirill Zykov / Kantor Berita Moskow

Tahun sebelumnya juga menyebabkan beberapa evaluasi ulang. Program dan proyek online kemungkinan besar akan menjadi standar dan menjadi bagian yang berkembang di semua institusi kebudayaan. Meyerhold Center, sebuah ruang yang didukung negara dan menampung kelompok teater swasta, mengarahkan perhatiannya jauh ke luar ibu kota. “Kami mendukung desentralisasi,” kata sutradara Yelena Kovalskaya, “terutama teater swasta, yang saat ini sebagian besar berada di ibu kota. Pada musim gugur, kami meluncurkan karavan teater independen untuk berkeliling negeri.”

“Secara umum,” tambahnya, “kami memikirkan masa depan tanpa rasa takut.”

Keluaran Sidney

By gacor88